%A Handayani, Imratul %D 2020 %T Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Sekolah Dasar %K %X Minat baca siswa terhadap buku teks pelajaran sangatlah rendah, ini akan berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa. Siswa sekolah dasar umumnya sangat menyukai membaca komik dibanding buku teks pelajaran. Karena pada buku komik terdapat ekspresi visualisasi yang bisa membuat anak terlibat emosional sehingga anak tersebut tertarik untuk membacanya hingga akhir. Untuk itulah materi pelajaran harus dikemas secara apik berupa komik, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pemahaman terhadap konsep-konsep matematika memerlukan minat baca terhadap buku teks pelajaran matematika. Hasil pengamatan pada anak usia 6 – 12 tahun pada umumnya masih menyukai melihat gambar yang menarik daripada teks yang panjang. Ini disebabkan komik lebih banyak menggunakan gambar dan memiliki alur cerita yang mudah dipaham. Ekspresi yang divisualisasikan membuat pembaca terlibat secara emosional sehingga pembaca tertarik untuk terus membacanya hingga selesai. Komik pada pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan minat baca dan memotivasi siswa untuk belajar, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang mampu mengaitkan materi ajar dengan konteks atau kehidupan nyata siswa adalah pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau CTL. %U http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/45 %J Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman %0 Journal Article %R 10.55936/mauizhah.v10i1.45 %P 59-72%V 10 %N 1 %@ 2654-5055 %8 2020-06-16