%A Surikno, Heri %A Nurdin, Sella %A Miska, Rehatil %D 2022 %T HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA %K %X Kajian ini akan mengungkapkan hakikat pendidikan Islam dari aspek makna, dasar dan tujuan pendidikan Islam di Indonesia. Urgensi kajian ini terletak pada beberapa aspek antara lain; pertama, bahwa disiplin pendidikan Islam adalah proses ijtihadi antara disiplin ilmu keislaman yang disarikan dari sumber-sumber Islam itu sendiri dengan teori pendidikan yang sudah berkembang, kedua, pendidikan Islam sebagai sebuah epistimologi mesti dijelaskan kerangka pikirnya sehingga bisa dijelaskan dari disiplin keilmuan tersendiri, ketiga, bahwa menentukan arah pendidikan Islam yang sedang berjalan di Indonesia sehingga tolak ukur pengembangannya dapat dievaluasi secara kritis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek makna, para ahli pendidikan Islam berbeda dalam mendefinisikannya dengan melihat titik tolak proses, tujuan akhir, maupun aspek pengembangan dari manusia sebagai subjek dan objek pendidikan Islam. Sedangkan dasar pendidikan Islam merujuk pada sumber hokum dalam Islam yaitu al-Qur’an, Hadis, Ijma’, Qiyas, kebiasaan baik yang sudah berkembang (‘adat al-muhkamat) dan kemaslahatan bersama (al-maslahah al-mursalah). Tujuan pendidikan Islam mesti selaras dengan tujuan penciptaan manusia, tujuan tauhid, tujuan perebdaan individu dan tujuan profesionalitas. %U http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/95 %J Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman %0 Journal Article %P 225-256%V 12 %N 1 %@ 2654-5055 %8 2022-06-30