Perkembangan Psikologi Anak dari Taman Kanak-Kanak ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoir Palembang

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutyati Mutyati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Ali Maksum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nabila Ismaresy Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Natasyah Ifah Faridhona Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aulia Violeta Riertika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan psikologi anak dari Taman Kanak-Kanak ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoir Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan karakteristik deskriptif. Metode dalam pengumpulan data yakni melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi berkaitan dengan objek yang dibahas. Teknik analisis data yakni melalui pengumpulan data, penyajian dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh bahwa memahami perkembangan anak dari Taman Kanak-Kanak (TK) ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoiir Palembang sangat penting karena ini adalah periode kritis dalam kehidupan anak. Pemahaman ini memiliki dampak positif pada anak, orang tua, guru, dan masyarakat secara umum. Beberapa alasan mengapa penting untuk memahami perkembangan anak selama periode ini, yakni dapat memberikan dukuangan yang tepat, dengan memahami perkembangan anak, orang tua dan guru dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Ini termasuk pendekatan pengajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan emosional mereka. Mengidentifikasi mamsalah perkembangan anak, memahami perkembangan anak membantu dalam mendeteksi dan mengatasi masalah perkembangan atau keterlambatan perkembangan sesegera mungkin. Pemahaman perkembangan anak dari TK ke SD di kelas I MI Al-Amalul Khoir Palembang adalah kunci untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan anak-anak dalam tahap perkembangan penting mereka. Hal ini juga memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.


 

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.
Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Noerfikri.
Britto, P.R. (2012). Prepare for school A conceptual framework, New York: Unicef
Bruwer, Hartell & Steyn. (2014). Inclusive education and inadequate academic preparation. South African Journal of Early Education Johannesburg, South Africa University of Johannesburg
Depdikbud (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
Gordon. A.M., & Browne, K.W. (2011). Beginnings and beyond: Basic Early Childhood Education USA Wadsworth Cengage Learning.
Hirally, M. A. (2014) Jernal ilmiah pendidikan Ah Korelasi mara mia kronologis awal muzuk sekolah terhadap prestasi belajar. Padang: Universitas Negeri Padang
Hundari, W. (1998). Uji validitas dan reliabilitas tes NST tes kesiapan sekolah), Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Airlangga
Ibrahim, Cahyani, N. N., Astuti, M., & Febriyanti. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG. Jurnal Hikmah, 18(2), 187–199.
Ibrahim, I., Solekha, M. N., Kanada, R., & ... (2023). Penerapan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran. Lencana: Jurnal …, 1(4). https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/2255
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1).
Mariyati, LL (2016). Usia dan jenis kelamin dengan kesiapan maruk rekolah dasar. Prosiding seminar nasional pakologi Gresik: Universitas Muhammadiah Gresik
Mariyati, L.I. & Affandi, G.R. (2016). Amatrix Avalitas Nimose Schoolbenheid Test (NST) secara empirik berdasar classical test theory, Sidoarjo Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Monks, FL et al. (1998) Pakologi perkembangan Pengantar dalam berbagai bagiannya terjemahan). Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Mustamiroh, N. (2012). Shadi komparasi kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar (SD) pada anak-anak yang mengikut pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) program full day shitinjau dari angkat pendidikan orang tua. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Santrock, J.W. (2002), Life-an development Perkembangan masa hids Edisi 5 jilid 2. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Pamungkas, S. (2011). Kesiapan dan kematangan anak dalam belajar Banjarmasin: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Antari
Peckham, K. (2017). Developing school readiness Create lifelong learners. London: SAGE Publications Lad
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(July), 1–23.
Woolfolk, A. (2009), Educational pychology: Active learning version. Boston: Pearson Education, Inc.
Published
2023-10-24
How to Cite
ASTUTI, Mardiah et al. Perkembangan Psikologi Anak dari Taman Kanak-Kanak ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoir Palembang. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 42-52, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/132>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.132.