Perkembangan Psikologi Anak dari Taman Kanak-Kanak ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoir Palembang

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutyati Mutyati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Ali Maksum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nabila Ismaresy Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Natasyah Ifah Faridhona Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aulia Violeta Riertika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan psikologi anak dari Taman Kanak-Kanak ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoir Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan karakteristik deskriptif. Metode dalam pengumpulan data yakni melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi berkaitan dengan objek yang dibahas. Teknik analisis data yakni melalui pengumpulan data, penyajian dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh bahwa memahami perkembangan anak dari Taman Kanak-Kanak (TK) ke Sekolah Dasar di MI Al-Amalul Khoiir Palembang sangat penting karena ini adalah periode kritis dalam kehidupan anak. Pemahaman ini memiliki dampak positif pada anak, orang tua, guru, dan masyarakat secara umum. Beberapa alasan mengapa penting untuk memahami perkembangan anak selama periode ini, yakni dapat memberikan dukuangan yang tepat, dengan memahami perkembangan anak, orang tua dan guru dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Ini termasuk pendekatan pengajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif dan emosional mereka. Mengidentifikasi mamsalah perkembangan anak, memahami perkembangan anak membantu dalam mendeteksi dan mengatasi masalah perkembangan atau keterlambatan perkembangan sesegera mungkin. Pemahaman perkembangan anak dari TK ke SD di kelas I MI Al-Amalul Khoir Palembang adalah kunci untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan anak-anak dalam tahap perkembangan penting mereka. Hal ini juga memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.