Pelaksanaan Budaya Religius di MTs Marfu’ah Palembang

  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Aldyandra Aldyandra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Juanda Firzal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Pipit Ridiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Budaya Religius di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang sudah berjalan cukup baik. Hasil penelitian ini dilihat dari pelaksanaan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang memperlihatkan indikator dari pelaksanaan budaya religius yaitu pengarahan, koordinasi, komunikasi dan motivasi. Adapun faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari warga sekolah serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung pelaksanaan budaya religius. Adapun faktor penghambat pelaksanaan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang yaitu kurangnya motivasi siswa dan terbatasnya dana.


 

References

Astuti, M., Husni, M., & Tastin. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Min Se Kodya Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 13-18.
Aziz, M. A. (2019 ). Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 377-386.
Caswita. (2021). Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Choirunissa, R., & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua dengan Regulasi Emosi Pada Siswa SMK. Jurnal Empati, 236-243.
Febriyanti. (2020). Pengembangan Budaya Religius di SMP Negeri 10 Palembang. Journal of Islamic Education, 35-55.
Firmansyah, H. (2021). Ilmu Teknologi dan KomunikasI. Bandung: Media Sains Indonesia.
Handoko, T. H. (2016). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Hardani. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hasan, S. (2022). Pengantar Manajemen. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Ibrahim, Zulpawinda, F., Bahari, I., & Febriyanti. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Pada kegiatan Orientasi Peserta Didik Baru. JCSR: Journal of Creative Student Research, 158-200.
Indrawan, J., & Nathanael, G. K. (2019). Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Surabaya: CV Jaka Median Publishing.
Luthfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian, Penelitian Kualititatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.
Marlina, L. (2018). Manajemen Pelaksanaan Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Raden Fatah Palembang (Tinjauan Terhadap Pelaksanaan Proses Pendidikan). Journal of Islamic Education Management, 73-90.
Mulyadi. (2015). Implementasi Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.
Riyadi, S. (2022). Peran Motivasi Kerja, Stres Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Riyadi, S. (2022). Peran Motivasi Kerja, Stres Kerja, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan. Medan: UMSU PRESS.
Sikula, A. E. (2017). Komunikasi Bisnis. Surakarta: Erlangga.
Siswanto, H. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-10-31
How to Cite
MARLINA, Leny et al. Pelaksanaan Budaya Religius di MTs Marfu’ah Palembang. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 66-77, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/135>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.135.