Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik (E-Book) untuk Meningkatkan Prestasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas XII di MAN 2 Payakumbuh

  • Nilam Cahya Pendidikan Bahasa Arab, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nurlaila Nurlaila Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah belum diterapkannya bahan ajar berbasis teknologi salah satunya yaitu buku elektronik (E-Book). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku elektronik (E-Book) dalam meningkatkan prestasi pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang peneliti terapkan yaitu Quasy Experimental Design dengan jenis Non Equivalen Control Group Design. Peneliti menggunakan empat instrumen penelitian yaitu wawancara, dokumentasi, angket, dan soal ujian. Peneliti menganalisis data dengan cara uji normalitas kemudian uji homogenitas dan terakhir uji hipotesis untuk melihat hasil eksperimen dari buku elektronik (E-Book). Dari penelitian yang telah peneliti lakukan di lapangan, peneliti mendapatkan bahwa hasil uji hipotesis (uji t) yakni tStat= 0,325396 dan tTabel= 2,055529, maka tStat ≤ tTabel dan peneliti menyimpulkan bahwa hasil uji hipotesis terhadap prestasi atau hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh tidak berpengaruh atau Ha ditolak dan H0 diterima artinya penggunaan E-Book (variabel X) tidak berpengaruh untuk meningkatkan prestasi (variabel Y) dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh.

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Aswaja Pressindo.
Alawiyah, T. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Amelia, R. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Bahasa Arab di Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 6 Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang 2016 M / 1437 H. 0–128. http://repository.radenfatah.ac.id/12583/
Faisol, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan E-Book sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Herdiyanto, R. (2019). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SD Negeri 2 Badransari Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (1st ed.). Rajawali Pers.
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail (ed.); 1st ed.). Gunadarma Ilmu.
Izza, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Book (Flip Book Maker) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 39 Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Krismanto, R. (2011). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut Melalui Pembelajaran Berbantuan Modul di SMK N 1 Sedayu Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Lismayana. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Peserta Didik Kelas VIIIA di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (n.d.). Penggunaan Digital Book Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Membaca pada Pelajaran Bahasa Arab. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Nurkholis. (2015). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbawiyah, 12(01), 42–44.
Pertiwi, Y. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Rahmi. (2018). Penerapan Metode Mimicry Memorization (طريقة التقليد والتحفيظ) dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar.
Romadhon, A., & Chamsudin, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTS Al-Huda 2 Jenawi. 2.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (E. Munastiwi & H. Ardi (eds.)). Erhaka Utama.
Solihah, Y. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Book dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Siswa Keas III MI As-Salamah Pamulang II Tangerang Selatan. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda (ed.)).
Published
2023-11-01
How to Cite
CAHYA, Nilam; NURLAILA, Nurlaila. Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik (E-Book) untuk Meningkatkan Prestasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas XII di MAN 2 Payakumbuh. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 78-93, nov. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/136>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.136.