Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik (E-Book) untuk Meningkatkan Prestasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas XII di MAN 2 Payakumbuh
Abstract
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah belum diterapkannya bahan ajar berbasis teknologi salah satunya yaitu buku elektronik (E-Book). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku elektronik (E-Book) dalam meningkatkan prestasi pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang peneliti terapkan yaitu Quasy Experimental Design dengan jenis Non Equivalen Control Group Design. Peneliti menggunakan empat instrumen penelitian yaitu wawancara, dokumentasi, angket, dan soal ujian. Peneliti menganalisis data dengan cara uji normalitas kemudian uji homogenitas dan terakhir uji hipotesis untuk melihat hasil eksperimen dari buku elektronik (E-Book). Dari penelitian yang telah peneliti lakukan di lapangan, peneliti mendapatkan bahwa hasil uji hipotesis (uji t) yakni tStat= 0,325396 dan tTabel= 2,055529, maka tStat ≤ tTabel dan peneliti menyimpulkan bahwa hasil uji hipotesis terhadap prestasi atau hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh tidak berpengaruh atau Ha ditolak dan H0 diterima artinya penggunaan E-Book (variabel X) tidak berpengaruh untuk meningkatkan prestasi (variabel Y) dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Payakumbuh.