Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non Formal

  • Yuminah Rohmatullah Madrasah Diniyah, Majelis Taklim, Majelis Dzikir

Abstract

Long life education tidak hanya berlangsung dilembaga pendidikan formal, tapi juga dalam  pendidikan non formal yang merupakan sub sistem dalam kesatuan sistem pendidikan nasional dan merupakan jenis pendidikan di  luar jalur pendidikan formal yang diselenggarakan secara fleksibel, berjenjang dan terstruktur serta tingkat kompetensi peserta didiknya dapat disetarakan dengan kompetensi pendidikan formal dan dapat berlangsung sepanjang hayat .karena belajar merupakan suatu proses berkesinambungan (continuing learning) dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan Kementerian Agama terhadap penyelenggaraan pengembangan lembaga pendidikan Islam non formal (Madrasah Diniyah, Majelis Taklim, Majelis Dzikir), serta implementasi dan hasilnya: jenis penelitian ini bersifat kualitatif melalui pendekatan deskriptif analisis dengan  sumber primer bacaan Undang-Undang Sistim Pendidikan Nasional (UU. No.20 Tahun 2013 tentang Sisdiknas) serta Peraturan Pemerintah No.55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, serta Peraturan Pemerintah No.73 Tahun 1991 tentang Jenis Pendidikan Non Formal.

References

Abbas, Syamsuddin, Memperkuat kelembagaan Masjid, Madrasah, dan Koperasi, Jakarta: Yayasan Amal Saleh Akkajeng, 2000
Abdul, Hatta, Malik, Pemberdayaan Taman Pendidikan al-Qur`an (TPQ) Al-Husna Pasadena Semarang, Jurnal Dimas Vol. 13 No. 2 Tahun 2013
Alawiyah, Tutty AS, Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim, Bandung : Mizan, 1997
Bisri, Adib dan Munawwir A. Fatah, Kamus Al- Bisri, Indonesia-Arab, Arab-Indonesia, Surabaya: Pustaka Progressif, 1999
Budiyanto, Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqra’ Balai Penelitian dan Pengembagan Sistem Pengajaran Baca Tulis al-Qur’an LPTQ Nasional, Yogyakarta: Team Tadarrus,1995
Dakwah Menjelang Tahun 2000, Jakarta: Koordinator Dakwah Islam (KODI), 1986
Dep. Dik. Bud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI. Buku Panduan Penyusunan Nomor Statistik Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta : 2008
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: 2007
Djahid, Moch. Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah,
Hasby, Muhammad, Ash Shiddiqy, Pedoman Dzikir dan Do’a , Semarang: PT. Pustaka Riski Putra, 2002
Husen, Torsten , Postletthwaite, T, Neville (Ed). The International Encyclopedia of Education, Research and Studies, New York: Pergamon Pers, 1985
Joesoef, Soelaiman, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 1992
Joko, Riski, Sukmono, Psikologi Dzikir, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008
K., Enung, Rukiati dan Dra. Fenti Hikmawati, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung : Pustaka Setia , 2006
Kantor Wilayah Departemen Agama Prov. Jawa Timur, Pedoman Pengelolaan Taman Pengajian Al-Qur’an, Surabaya: 2006
Kementerian Agama RI. Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren , Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah , Tahun 2014
M, Arifin, Ed, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Offeset, 1991
Masyhudi, In’ammuzahiddin , dan Nurul Wahyu A, Berdzikir dan Sehat ala Ustad Haryono, Semarang: Syifa Press, 2006
MK., Muhsin , Managemen Majlis Taklim, Jakareta: Pustaka Intermasa: 2009
Muhammad, Khalid, Karakteristik Perihidup Enam Puluh Sahabat Rasulullah Saw, Bandung: Diponegoro, 1983
Muzayyin, Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 2003
An-Najar, Amir, Psikoterapi Sufistik dalam Kehidupan Modern, terj. Ija Suntana, Hikmah, Jakarta, 2004
Najati, Muhammad Utsman, al-haditsun Nabawiyah wa ilmu al-nafs,
Kairo: Darel Syuruq, 1993
Najieh, Ahmad, Kamus Arab-Indonesia, Surakarta: Insan Kamil, 2010
Natsir, M. Zubaiedi, dkk, Mendesain Masjid Masa Depan , Jakarta: Pustaka Isani Indonesia, 2006
Nuryanis dan Romli, Pendidikan Luar Sekolah: Kontribusi Ditpenamas Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional, Jakarta: Depag RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2003
Pedoman Penyelengaraan Taman Kanak-Kanak Al Qur,an (TKA/TKQ) dan Taman Pendidikan Al Qur,an (TPA/TPQ). Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktoral Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI, 2013
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan
al-Sakandari, Ibnu Athaillah, Miftah al-Falah wa Misbah al-Arwah,(terj.
Fauzi Bahreisy,), Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005
Sudjana, Djuju, Pendidikan Non Formal, Bandung: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia , 2009
Syamsuddin, H.U. MZ, Mamsudi AR, Tasrifin Karim, M. Iqbal Bustami, Panduan Kurikulum dan Pengajaran TK/TP al-Qur`an, Jakarta: LPPTKA_BKPRMI, 2010
Tim Penyusun IAIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedi Islam di Indonesia,
Jakarta: Djambatan, 1992
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Intima, 2009
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta, Penerbit Delphi, Cet. Kedua 2003
Yunus, Mahmud, Kamus Arab Indonesia , Jakarta: Hidayakarya Agung, 1989
Yunus, Mahmud, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsiran al-Qur’an, 1973
Published
2023-11-01
How to Cite
ROHMATULLAH, Yuminah. Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non Formal. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 94-106, nov. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/137>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.137.