Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Platform Canva di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

  • Eni Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Novia Wahyu Wardhani Universitas Negeri Semarang
  • Siti Muslikhatul Ummah Universitas Negeri Semarang

Abstract

Sejak pandemi covid-19 melanda, Indonesia mengalami beberapa penyesuaian kegiatan pembelajaran misalnya metode belajar daring (online) dan pembatasan pertemuan secara langsung. Oleh karenanya, penting bagi guru untuk memiliki keterampilan dalam mendesain maupun menghasilkan beraneka ragam jenis bahan ajar. Pemilihan bahan ajar yang tepat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar menunjukkan hasil adanya hambatan yang di alami oleh pihak sekolah yaitu guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun bahan ajar digital. Salah satu platform yang dapat digunakan untuk Menyusun bahan ajar adalah canva. Tujuan pelatihan adalah memberikan pendampingan agar dapat menyusun bahan ajar digital dengan memanfaatkan platform canva. Platform ini memiliki akses yang mudah serta penggunaan yang praktis. Sebelum memulai kegiatan, guru sudah menyiapkan bahan ajar, email aktif, dan laptop. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan workshop langsung berupa pemaparan materi platform canva. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di aula SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dan diikuti oleh 52 guru. Output kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi berupa platform canva untuk membuat bahan ajar digital.