Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Platform Canva di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

  • Eni Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Novia Wahyu Wardhani Universitas Negeri Semarang
  • Siti Muslikhatul Ummah Universitas Negeri Semarang

Abstract

Sejak pandemi covid-19 melanda, Indonesia mengalami beberapa penyesuaian kegiatan pembelajaran misalnya metode belajar daring (online) dan pembatasan pertemuan secara langsung. Oleh karenanya, penting bagi guru untuk memiliki keterampilan dalam mendesain maupun menghasilkan beraneka ragam jenis bahan ajar. Pemilihan bahan ajar yang tepat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar menunjukkan hasil adanya hambatan yang di alami oleh pihak sekolah yaitu guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun bahan ajar digital. Salah satu platform yang dapat digunakan untuk Menyusun bahan ajar adalah canva. Tujuan pelatihan adalah memberikan pendampingan agar dapat menyusun bahan ajar digital dengan memanfaatkan platform canva. Platform ini memiliki akses yang mudah serta penggunaan yang praktis. Sebelum memulai kegiatan, guru sudah menyiapkan bahan ajar, email aktif, dan laptop. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan workshop langsung berupa pemaparan materi platform canva. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di aula SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dan diikuti oleh 52 guru. Output kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi berupa platform canva untuk membuat bahan ajar digital.

References

Asmanang, L. O., Herman, Tawakal, F., Indra, Puadji, F., Setianingsi, E., & Azhar EDQ7), H. (2018). Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian. Pengabdian, 2(1), 1–11.
Ayunda, A. Z., Salsabila, U. H., Zuhby, N. El, & Urbaningkrum, S. M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 429–436. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39810
Ayunia Lestari, P., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., Fajar Nugroho, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.
Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., AP, N., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, 10(3), 266–270. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16187
Hamka, L., Ristiana, E., Muis, A. A., Arsal, A. F., Muliana, G. H., & Yasin, Y. K. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru SD Negeri Mandai Kota Makassar. 01, 71–76.
Humaera, R., & Rusdinal, R. (2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring Disekolah Dasar Pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 8. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.110834
Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498
Kusumawati, A., Riski, R., Hidayati, S., Hadyanto, F. D., Pradana, A. S., & Siahaan, F. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran. 7(2), 1–3.
Magdalena, I., & , Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini , Maulidia Ayu Fitriani, A. A. P. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70–76. https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878
Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Elementery, 6(1), 104–108. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary
Ramlah, R., Aisyah, D. S., Mutmainah, S., Manuri, E., Azizah, N. N., & Putri, O. O. (2023). Pemanfaatan Platform Canva Dalam Mendesain Bahan Ajar ‘Puzzle Digital’ Bagi Guru Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 668. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12869
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859
Rukman, V. R., & Samsudin, A. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi canva materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Jpp, 1(2), 133–141.
Setiawan, B. A., & Jatmikowati, T. E. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar handout berbasis aplikasi canva bagi guru di sma baitul arqom. ABDI Indonesia, 1(1), 1–8. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view/5232
Shodiq, S. (2021). Peran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi, 8(1), 17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23968
Tiara Widya Saputri, A. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Berbasis Canva dalam Membuat Bahan Ajar dengan In House Training (IHT) di SDN Randuacir 03. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 32–35. https://doi.org/10.37802/society.v3i1.226
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Usman, U., Sakaria, S., & Hasriani, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Platform Canva Pada Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar. Seminar Nasional Pengabdian, 3(8), 1315–1319. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26390%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/26390/13387
Published
2023-11-21
How to Cite
RAHMAWATI, Eni; WARDHANI, Novia Wahyu; UMMAH, Siti Muslikhatul. Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Platform Canva di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 137-145, nov. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/143>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.143.