Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Living Values Education Bagi Guru Pendidikan Pancasila Tingkat SMA/SMK Di Wilayah Pemalang
Abstract
Model Pembelajaran Kontekstual berbasis Living Values Education dalam pembiasaan diimplementasikan melalui pengembangan nilai-nilai kehidupan yang meliputi nilai kedamaian, rasa hormat, cinta, tanggung jawab, kebahagiaan, kerja sama, kejujuran, kerendahan hati, toleransi, kesederhanaan, kebebasan, dan persatuan sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya sekolah. Integrasi Living Values Education dalam pembiasaan sekolah dilakukan dalam beberapa tahap. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (a) nilai-nilai yang hidup dan perilaku yang diharapkan ditetapkan dan dirumuskan secara jelas agar mudah dipahami; (b) pengajaran nilai-nilai yang hidup dan perilaku yang diharapkan dalam konteks nyata di dalam kelas, di luar kelas, dan di sekitar lingkungan sekolah; (c) perilaku yang pantas diberi penghargaan secara teratur; (d) koreksi proaktif terhadap perilaku menyimpangdengan prosedur yang jelas; dan (e) penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis Living Values Education dengan menggunakan prinsip keteladanan, koreksi, penghargaan, dan penegakan. Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis Living Values Education dalam pembiasaan sekolah berpengaruh positif terhadap guru pendidikan Pancasila yang nantinya berdampak signifikan terhadap perkembangan karakter siswa. Dengan demikian, program pembiasaan di sekolah dapat mengintegrasikan model pembelajaran kontekstual berbasis Living Values Education baik dari aspek nilai-nilai dasar penghidupan maupun kegiatan pengembangannya. Luaran dari pengabdian ini adalah publikasi di jurnal nasional dan berita pada media massa cetak/elektronik.