PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME

  • Imratul Handayani STAI Imam Bonjol Padang Panjang

Abstract

Perangkat pembelajaran dipakai di sekolah-sekolah seperti
RPP dan LKS pada umumnya belum optimal untuk membantu
siswa dalam membangun pemahamannya. Maka perlu adanya
pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang
dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk
mengkonstruksi pengetahuannya. Pembelajaran berbasis
konstruktivisme yang diharapkan dapat mencapai sasaran
tersebut. Tujuan yang hendak dicapai yaitu menghasilkan
perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme
yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan menggunakan
model Mc Kenney yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary,
prototyping dan assesment. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitian
adalah siswa kelas V SDIT Cahaya Hati Pauh Kambar.
Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil
pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Kefektifan dilihat dari
hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpuldianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme yang
dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan
konstruk. Perangkat pembelajaran juga telah efektif dari segi
aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, aktivitas siswa
meningkat selama pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis
konstruktivisme untuk pembelajaran matematika di kelas V
yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan
efektif.

References

Akhras, Fabio N and John A. Self. 2000. System Intelligence in
Construktivist Learning. International Journal of
Artificial Intelligence in Education, (Online),
(http://www.iaied.org/pub/950/file/950_paper.pdf,
diakses 22 September 2013)
Depdiknas. 2007. Peraturan Mentri pendidikan Nasional
Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
Badan Standar Nasional Pendidikan
Sardiman M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika
Kontemporer (Common TextBook). Bandung :
Universitas Pendidikan Indonesia
Published
2019-06-20
How to Cite
HANDAYANI, Imratul. PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 27 - 38, june 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/15>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.15.