KEMAMPUAN MOTORIK SEBAGAI PONDASI UTAMA DALAM PEMBELAJARAN TARI ANAK USIA DINI

  • Lidia Nusir STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Pembelajaran tari anak usia dini dapat dilakukan dengan
pembelajaran bermakna dan pendekatan bermain. Hal ini juga
disesuaikan dengan karakteristik tari yang selaras dengan
kemampuan anak. pembelajaran tari nantinya akan melatih
kompetensi keterampian dan kreatifitas yang difokuskan pada
pengalaman eksplorasi anak untuk melatih kemampuan
sensorik dan motorik, bukan menjadi anak mahir atau ahli.
Untuk itu perkembangan motorik anak menjadi pondasi utama
karena sangat berkaitan erat dengan pembelajaran tari guna
mendukung aspek perkembangannya,karna dengan
perkembangan motorik yang optimal maka gerakan tari akan
terwujud melalui praktek yang menunjang aspek psikomotor
anak dan menciptakan gerakan yang luwes, indah dan
bermakna.

References

Hurlock.E.B. 1978. Perkembangan Anak. Alih Bahasa Dr. Med.
Meitasari Tjandrasa, Dra. Muslichah Zarkasih. Jakarta:
Erlangga.
Lynch Fraser, Diane. (1991). Playdancing. Penningtone:
Princeton Book Company, Publishers.
Lismadiana. 2013. Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia
Dini di https://staffnew.uny.ac.id (diakses 25 januari 2019)
Soedarsono. (1986). Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai
Pustaka.
Tim Dosen Estetika. (2000). Estetika. Jakarta: Fakultas Bahasa
Dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Yulianti Parani, Dkk. Tari Pendidikan. Jakarta: Departemen
Tari, Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta
Yhana pratiwi.2013. Seni Tari Dan Drama Untuk Aud di
https://wordpress.com (diakses 25 Januari 2019)
Yudanto. 2013. Prinsip Perkembangan Motorik di
https://staffnew.uny.ac.id (diakses 25 Januari 2019)
Published
2019-06-20
How to Cite
NUSIR, Lidia. KEMAMPUAN MOTORIK SEBAGAI PONDASI UTAMA DALAM PEMBELAJARAN TARI ANAK USIA DINI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 57 - 74, june 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/17>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.17.