MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

  • Syahminal Syahminal STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter anak usia dini.
Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk mengumpulkan dan menganilisis berbagai literatur
yang berkaitan dengan manajemen pendidikan karakter anak usia dini yang mana penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi pustaka. Studi pustaka dilakukan
dengan mengumpulkan data menggunakan dokumentasi dari buku dan karya ilmiah yang
relevan dengan menggunakan teknis analisis data, membaca, mencatat, dan mengelola bahan
penelitian kemudian menyimpulkannya. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan manajemen
pendidikan karakter anak usia dini di lembaga pendidikan dimulai dari, pengorganisasian,
pelaksanaan, dan evaluasi serta manajemen pendidikan karakter anak usia dini akan efektif
jika terintegrasi dalam manajemen sekolah, khususnya manajemen berbasis sekolah.
Meskipun peran keluarga sangat besar dalam pembentukan karakter, peran sekolah dalam hal
ini guru harus lebih berperan dalam memberikan pendidikan karakter kepada peserta didik
dalam berbagai kompetensi yang dibelajarkan agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai
secara maksimal.