PONDOK PESANTREN: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya

  • Julhadi Julhadi STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga pengajaran agama dan sosial keagamaan, mulai dikenal di sepanjang pantai utara Jawa se- perti di Gresik, Surabaya, Tuban, dan sebagainya. Beberapa ciri khas yang dimili- ki oleh pondok pesantren secara umum yang masih dipertahankan sampai se- karang ini adalah kiai, santri, pengajaran kitab Islam klasik, masjid, dan pondok. Sistem pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren diklasifikasi menjadi tiga tipe, yaitu pesantren tradisional, pesantren semi modern, dan pesantren modern.

References

Bawani, Imam. Tradisional dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al-Ikhlas, 1993.
Damopolii, Muljono. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Departemaen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro, 2010.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Cet. IX; Jakarta: LP3ES, 2011.
Haedari, M. Amin, dkk. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Moderintas dan Tantangan Komplesitas Global. Cet. I; Jakarta: IRD Press, 2004.
Houthma, M.T. Ensiklopedi of Islalm. Leiden: E.J. Brill, 1934.
Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997. Marwan. Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta: Dharma Bhakti, 1979.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
Poerbakawatja, Soegarda. Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1976.
Rahim, Husni. Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 2005.
Rama, Bahaking. Jejak Pembaharuan: Pendidikan Pesantren: Kajian Pesantren As’adiyah Sengkang Sulawesi Selatan. Jakarta: Parodatama, 2003.
Saridjo, Marwan. Pendidikan Islam dari Masa ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II; Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan al-Manar Press.
Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur'an. Bandung: Mizan, 1992.
. Wawasan al-Qur'an. Cet. II; Bandung: Mizan, 1996.
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. Pondok Pesantren sebagai Alternatif Kelembagaan Pendidikan untuk Program Pengembangan Studi
Published
2019-12-11
How to Cite
JULHADI, Julhadi. PONDOK PESANTREN: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 2, dec. 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/26>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.26.