SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PADA HALAKAH SURAU TUANKU MUNCAK KORONG MUDIAK BALAI NAGARI TANDIKEK KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • Heri Surikno STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Fauziyah Amini Basyir STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Halakah Surau Tuanku Muncak yang berdiri sejak tahun
1948 telah banyak melahirkan ulama-ulama yang berkhidmat di
Nagari Tandikek dan daerah sekitarnya. Seiring dengan
munculnya lembaga-lembaga pendidikan umum yang mendapatkan
tempat di hati masyarakat membuat animo masyarakat terhadap
lembaga pendidikan halakah surau semakin berkurang. Akan tetapi
halakah surau Tuanku Muncak mempertahankan eksistensinya
sebagai halakah surau yang masih diminati masyarakat.
Batasan masalah dari penelitian ini adalah tujuan
pendidikan pada halakah surau Tuanku Muncak, kurikulum
pendidikan pada halakah surau Tuanku Muncak, evaluasi
pendidikan pada halakah surau Tuanku Muncak. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan tujuan,
kurikulum dan evaluasi pendidikan pada halakah surau Tuanku
Muncak Korong Mudiak Balai Nagari Tandikek Kecamatan
Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan
metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada sumber
data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer
berasal dari Buya, pimpinan surau sekaligus pendidik di halakah
surau Tuanku Muncak. Sedangkan sumber data sekunder adalah
guru tuo yang mengajar di halakah surau Tuanku Muncak dan
anak siak di yang menuntut ilmu halakah surau Tuanku Muncak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu reduksi data, klasifikasi data, interpretasi data dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan penguji keabsahan data dengan cara
triangulasi data.
Akhirnya setelah melakukan penelitian, ditenemukan bahwa
tujuan pendidikan pada halakah surau Tuanku Muncak adalah
mencetak kader ulama yang tangguh dan bertaqwa kepada Allah
SWT. Kurikulum pendidikan pada halakah surau Tuanku Muncak
mengacu kepada mempertahankan eksistensi dari kurikulum surau
itu sendiri. Metode pembelajarannya adalah metode sorogan,
bandongan dan muzakarah. Materi pembelajarannya adalah
pembelajaran kitab kuning yang menjadi unggulannya. Evaluasi
pendidikannya masih bergantung kepada Buya selaku pimpinan
halakah surau dan pendidik yang berstandarkan pada adab, ilmu,
ibadah, sosial dan istiqamah nya dalam menuntut ilmu.

Published
2020-06-16
How to Cite
SURIKNO, Heri; BASYIR, Fauziyah Amini. SISTEM PENDIDIKAN ISLAM PADA HALAKAH SURAU TUANKU MUNCAK KORONG MUDIAK BALAI NAGARI TANDIKEK KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 1 - 30, june 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/43>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.43.