PENERAPAN PERMAINAN MODIFIKASI MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK

  • Aas Hasanah STKIP Sebelas April Sumedang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian anak
usia dini melalui permainan modipikasi monopoli. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Langkah penelitian perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan
refleksi.Penelitian di lakukan di Kober Harapan Bunda Kabupaten
Sumedang dengan sabjek penelitian sebanyak 12 orang.Pengumpulan
data melalui observasi dan tes penugasan dengan analisi data
menggunakan persentase dan indek gain untuk melihat peningkatan
kemandiria anak. Hasil penelitian menunjukan data awal kemandirian
memperoleh hasil 8,3%, setelah dilakukan tindakan siklus I memperoleh
hasil 50% dan pada siklus II memperoleh hasil 83%.

References

Dhamayanti, A.A., dan Yuniarti, K.W. (2006). Kemandirian Anak Usia
2,5-4 Tahun Ditinjau dari Tipe Keluarga dan Tipe Prasekolah.
Sosiosains 2006,XIX (1) [Online], Vol 19 (1), 14 halaman.
Tersedia: http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataId=7082
[23 Maret 2017].
Iswantiningtyas & Raharjo. (2016). Kemandirian Anak Usia Dini.Jurnal
Program Studi PGRA.Vol. 2 (1).Tersedia http://
Journal.sisinualhikmah.ac.ad.
Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak. Jogjakarta:
Stiletto Book.
Rahma, dkk.(2015). Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di Komunitas
Lingkungan Pemulung. [online] Universitas Negeri Jakarta.
Sari, dkk. (2016). Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian
Anak usia Dini di Gugus Hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia.
[online] Vol. 1 (1).Tersedia http://journal.unib.ac.id.
Sujiono, N.Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
PT Indeks.
Susanto, A., Raharjo, dan Prastiwi, M.S. (2012).Permainan Monopoli
sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA
Kelas XI IPA.Universitas Negri Surabaya [Online], Vol 1 (1),
6 halaman. Tersedia:
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/biodu [3 April 2017].
Vikagustanti, D.A., dkk. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran
Monopoli Ipa Tema Organisasi Kehidupan sebagai Sumber
Belajar untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal
[Online], Vol 3 (2), 8 halaman. Tersedia:
http://journal.unnes.ac.id/sju/indeks.php/usej [21 Maret 2017].
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi
Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Wiraatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Published
2020-06-16
How to Cite
HASANAH, Aas. PENERAPAN PERMAINAN MODIFIKASI MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 73 - 88, june 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/46>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.46.