PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Nining Yus Mei STAI-YDI Lubuk Sikaping
  • Nazaruddin Nazaruddin STAI-YDI Lubuk Sikaping
  • Navisa Auliya Rahma STAI-YDI Lubuk Sikaping

Abstract

Fenomena game online melatarbelakangi munculnya ide
peneliti untuk melakukan kajian terhadap kecanduan Game Online
Mobile Legend Bang Bang dikalangan peserta didik MTsN 1
Pasaman. Penelitian ini akan mencoba melihat fenomena tersebut
sebagai objek dalam penelitian. Metode yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research) menggunakan metode
kuantitatif dengan sumber datanya peserta didik dan kepala
sekolah. Menggunakan pendekatan deskriptif dengan mengunakan
analisis statistik software IBM Statistical Package for the Social
Sciences version 22 for windows (IBM SPSS Versi 22.0).
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratafield
random sampling sebanyak 186 peserta didik. Teknik pengumpulan
data dengan cara angket (kuesioner), dokumentasi, observasi dan
wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik
MTsN 1 Pasaman, nilai raport peserta didik semester II. Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis data menggunakan
statistik software IBM Statistical Package for the Social Sciences
version 22 for windows (IBM SPSS Versi 22.0). menunjukkan
bahwa Game Online Mobile Legends Bang Bang berpengaruh dan
signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,817 dan
nilai thitung sebesar 23,101>ttabel sebesar 1.65318 dengan nilai
signifikan 0,000 <= 0,05, berarti Ha diterima dan Ho di tolak.
Sedangkan nilai Fhitung 533,641>Ftabel 3,89 dan nilai signifikan
0,000< α = 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Game Online Mobile
Legends Bang Bang berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar,
artinya semakin mengunakan Game Online Mobile Legends Bang
Bang maka semakin signifikan pengaruh hasil belajar peserta
didik. Dari penelitian ini yang penulis dapatkan terdapat 53,36%
Game Online Mobile Legends Bang Bang mempengaruhi hasil
belajar peserta didik yang mendapatkan nilai cukup sebanyak 74%
peserta didik, selebihnya dipengaruhi variable lain.

Published
2020-06-16
How to Cite
MEI, Nining Yus; NAZARUDDIN, Nazaruddin; RAHMA, Navisa Auliya. PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Mau'izhah, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 89 - 110, june 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/47>. Date accessed: 06 dec. 2021.