PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD KHATIB DATUAK TUMANGGUANG DI KAYU TANAM

  • Nurasiah Ahmad STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Julhadi Julhadi STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Ahmad Khatib Datuak Tuangguang di Kayutanam merupakan
salah seorang tokoh yang pada hari ini sempat terlupakan. Ia
adalah seorang tokoh pendidikan agama Islam sekaligus tokoh
adat yang ikut berperan dalam memberikan kontribusi pemikiran
pendidikan agama islam kepada masyarakat Tigo Nagari
Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Adanya sebuah
Madrasah Tarbiyah Islamiyah di Kanagarian Kayutanam adalah
salah satu bukti sepakterjang atau usaha keras dan perjuangan
yang berat dari Ahmad Khatib Datuak Tumangguang beserta
para tokoh masyarakat lainnya. Adanya murid-murid yang telah
berhasil pada hari ini dan dengan keberadaan sekolah atau yang
disebut dengan Madrasah tersebut juga sebagai bukti dari
keikutsertaannya dalam mencerdaskan dan menyiarkan ajaran
agama islam. Sifat kepemimpinannya yang arif, bijaksana, tulus,
disiplin, pekerja keras serta memiliki maru’ah yang tinggi
menjadikan Ahmad Khatib Datuak Tumangguang mendapatkan
tempat dihati masyarakat, sehingga memudahkan Ahmad Khatib
Datuak Tumangguang untuk memberikan pemahaman dan
pencerahan agama islam kepada murid-muridnya dan
masyarakat.

References

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana
Ilmu, 1997, hal. 9
Afrida Ahmad, Skripsi” Usaha Dalam Mengatasi Patologi Sosial
Di Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.
Ahmad Umar Datuak Sinaro, Wawancara Langsung Sebagai
Tokoh Masyarakat Di Nagari Kayutanam dan Murid Ahmad
Umar Datuak Tumangguang, Kayutanam, 30 Mei 2020
As’adut Tabi’in, Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu Jurnal Al-
Thariqah Vol. 1, No. 2, Desember 2016
Asasri Warni, Guru Besar UIN Iamam Bonjol Padang, Murid
Ahmad Khatib Datuak Tumangguang, wawancara langsung,
30 mei 2020
M. Lathif, Wawancara Langsung, Cucu Ahmad Umar Datuak
Tumangguang, Kayutanam, 30 Mei 2020
Makmur Syarif, Dosen / guru besar UIN Imam Bonjol Padang,
Wawancara Langsung Dengan Kemenakan Ahmad Khatib
Datuak Tumangguang, Kayutanam, 30 Mei 2020
Mardiah Kalsum Nasution, Penggunaan Metode Pembelajaran
Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa: Studia Didaktika:
Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017; ISSN
1978-8169 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH”
Serang, Banten, h 5-6
Marianen, Wawancara Langsung, murid Ahmad Khatib Datuak
Tumangguang, Kayutanam, 30 Mei 2020
Matrapi, Tipologi Pemikiran Pendidikan Islam, Islamuna, Jurnal
Studi Islam Volume 5 Nomor 1 Juni 2018
Muhammad Rusmin, Jurnal Tentang Konsep Dan Tujuan
Pendidikan Islam, Volume Vi, Nomor 1 Januari-Juni 2017
Rahilah, Wawancara Langsung, Anak Ahmad Khatib Datuak
Tuamangguang 30 Mei 2020
Rusdi Saputra, Skripsi Ahmad Khatib Datuak Tumangguang
Peranannya Dalam Mendirikan Dan Mengembangkan
Madraasah Tarbiyah Islamiyah Tigo Nagari Kayutanam,
Mahasiswa Jurusan Sejarah Fakutas Ilmu Sosial Universitas
Negeri Padang
Ali Imran Hasan, Wawancara Langsung, Pendiri Pondok Pesantren
Nurul Yakin Ringan-Ringan
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistim
Pendidikan Nasional Dan Undang-Undang RI Nomor 14
tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Cet,I:Jakarta: Visi
Media, 2007
Published
2020-06-16
How to Cite
AHMAD, Nurasiah; JULHADI, Julhadi. PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD KHATIB DATUAK TUMANGGUANG DI KAYU TANAM. Mau'izhah, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 111 - 138, june 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/48>. Date accessed: 06 dec. 2021.