REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA ANAK USIA DINI

  • Misbah Laila STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Realistic Mathematic Education (RME). RME adalah pendekatan yang memandang matematika sebagai suatu kegiatan manusia (human activities), dan belajar matematika berarti bekerja dengan matematika (doing matematic). RME merupakan merupakan bentuk pembelajaran yang menggunakan dunia nyata dan kegiatan pembelajaran lebih menekankan aktivitas siswa untu mencari, menemukan, dan membangun sendiri pengetahuan yang diperlukan sehingga pembelajaran lebih berpusat pada siswa. Artinya terdapat keterkaitan antara konsep matematika dengan pengalaman anak dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengakitikan dunia nyata untuk mendapatkan suatu konsep matematika diharapkan anak lebih mudah untuk memahami matematika. Kesimpulannya terdapat hubungan antara karakteristik pendekatan RME dengan cara pembelajaran pada anak usia dini bahwa perkenalan matematika pada anak usia dini dengan objek yang nyata bagi anak.

References

Adi, WD & lstyowati, A. 2017. Kompendium PAUD memahami PAUD secara sigkat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Isrok’atun, Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika.Bandung: Bumi Aksara.
Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematic Education (RME) in Teaching Geometri in Indonesia Primary Schools. Enschede: Print Partners Ipskamp.
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip Banjarmasin
Published
2018-12-11
How to Cite
LAILA, Misbah. REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA ANAK USIA DINI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 61 - 76, dec. 2018. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/5>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v8i2.5.