KREATIFITAS PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19

  • MARFIYANTI MARFIYANTI STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Strategi pembelajaran membaca Al-Qur’an, pendidik
menggunakan strategi perencanaan meliputi penyusunan
perangkat pembelajaran secara baik dengan pemilihan
pendekatan, strategi, teknik, metode, media, sumber belajar,
evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut. Dan juga memunculkan
suatu semangat untuk belajar yang saling bersaing antara peserta
didik dengan peserta didik yang lain namun dengan persaingan
sehat yang nantinya dapat meningkatkan lancar membaca Al-
Qur’an, walaupun dalam suasana pandemi Covid-19. Faktor
pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-
Qur’an peserta didik apabila sarana dan prasaranasudah
memandai menjadi faktor utama prosespembelajaran membaca Al-
Qur’an sehingga tidak ada kekuranggan ketika peserta didik dalam
belajar. Faktor penghambat pada peserta didik kelas VII dalam
meningkatkan lancar membaca Al-Qur’an di era Covid -19 yakni
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tidak sesuai dengan target
waktu pembelajaran karena terdapat kegiatan sekolah, adanya
rapat mendadak, dan libur sekolah sehingga mengurangi alokasi
waktu dalam perencanaan. Keterbatasan ruangan dan tatap muka
menjadikan, proses pembelajaran terhambat. Hal ini perlu
dicarikan jalan keluarnya agar proses pembelajaran tetap berjalan
dengan sebaik-baiknya. Baca tulis Al-Quran tentunya sangat
dibutuhkan oleh peserta didik untuk mendalami materi dalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang bersumber kepada Al-
Quran dan Sunnah Rasul SAW. Menjadi pendidik yang kreatif tentunya sangatlah di tuntut pada saat pandemic covi-9, karena
pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan media sosial,
namun secara esensial tidak terlepas dari teori-teori yang sudah
ada dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini.

References

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan
Terjemahannya, Surabaya: Al-Hidayah, 2000
Pasal 1 ayat 1 Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun
2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Fokus Media
2006
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1996
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: kalam Mulia, 1994
Sardiman, AM. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada, 2001
Munandar, Utami . Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama, 1999
Rosalin, Elin. Bagaimana Menjadi Guru Inspiratif, Bandung: PT.
Karsa Mandiri Persada, 2008
SMP Negeri 01 Nan sabaris kab. Padang pariaman, Observasi
Awal, tanggal 01 Oktober. 2018
J, Mukhlis. Guru PAI di SMPNegeri 01 Nan sabaris kab. Padang
pariaman, Wawancara Pribadi, 11 tanggal januari. 2019.
Karmila, Leni. Guru PAI di SMPNegeri 01 Nan Sabaris kab.
Padang Pariaman, Wawancara Pribadi, 11 tanggal januari.
2019.
Agung, Iskandar.Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi
Guru, Jakarta: Bestari Buana Murni, 2010
Bahri djamarah. Syaiful. psikologi belajar, jakarta: rineka cipta,
2008
Departemen Pendidikan Nasional.Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Cet.IV; Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Asrori, Muhammad.Psyikologi Pembalajaran, Cet. I; Bandung:
CV. Wacana Prima, 2007.
Sutjipto. Profesi keguruan. Bandung: Rineka Cipta. 2009.
B.Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. Belajar Dengan Pendekatan
PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Mulyasa, E.Menjadi Guru.
Idris, Zahara dan Lisma Jamal. pengerti pendidikan, jakarta,
PT.Grasindo 1992.
Saud,Udin Syaefudin. Pengembangan Profesi Guru, Cet. II,
Bandung, 2009.
Redaksi Sinar Grafika.UU Sistem Pendidikan Nasional 2003,
Jakarta: Sinar Grafika, 2005, Cet. ke-2.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar & Pembelajaran, Jakarta:Rineka
Cipta, 1999, Cet. ke-1.
Published
2020-06-16
How to Cite
MARFIYANTI, MARFIYANTI. KREATIFITAS PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 187 - 218, june 2020. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/51>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.51.