HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF

  • Faizul Faizul Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Payakumbuh
  • Hidayatul Dina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Payakumbuh
  • Julhadi Julhadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Abstract

Pendidikan alternatif dengan model sekolah rumah (homeschooling) tidak hanya menumbuhkan keinginan belajar secara fleksibel pada anak, namun juga mampu menumbuhkan karakter moral pada anak. Pasalnya, dengan menyerahkan proses belajar sebagai hak anak untuk mendapatkan pendidikan, akan mendorong anak untuk belajar berdisiplin dan bertanggung jawab, terhadap segala kegiatan belajar yang telah dilakukannya.Sistem ini terlebih dahulu berkembang di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya di dunia. Belakang ini banyak orangtua yang tidak puas dengan hasil sekolah formal sehingga menjadikan homeschooling sebagai alternatif proses belajar mengajar dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Kerapkali sekolah formal berorientasi pada nilai rapor (kepentingan sekolah), bukannya mengedepankan keterampilan hidup dan bersosial (nilai-nilai iman dan moral). Selain itu, perhatian secara personal pada anak, kurang diperhatikan.

References

Budi , Satmoko Santoso, Sekolah Alternatif Mengapa Tidak?, Yogyakarta: Diva Press, 2010
Fauziah , ujiyanti, dkk. Homeschooling kajian teoritis dan Praktis. Yogyakarta: UNY Press 2019
Magdalena, Maria, Anakku Tidak Mau Sekolah Jangan Takut Cobalah Homeschooling, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010
Sumardiono, Warna Warni Homeschooling, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010
Zaitun, dkk. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Pekanbaru: Benteng Media, 2002
Zaitun dan Ilmiati, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Pekanbaru: Benteng Media, 2014
Published
2022-06-29
How to Cite
FAIZUL, Faizul; DINA, Hidayatul; JULHADI, Julhadi. HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF. Mau'izhah, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1 - 15, june 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/84>. Date accessed: 08 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v12i1.84.