PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESIONALITAS DOSEN JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KERINCI

  • Zulfamanna Zulfamanna STAI YKI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap profesionalitas dosen jurusan tarbiyah sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN) kerinci. Penelitian ini mengambil bentuk penelitian lapangan. Respondennya adalah mahasiswa/mahasiswi dan dosen jurusan tarbiyah STAIN kerinci. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan mahasiswa/mahasiswi dan dosen jurusan tarbiyah STAIN Kerinci. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan analisis kualitatif, yakni dengan menggambarkan kejadian yang terjadi di lapangan sesuai dengan yang sebenarnya dalam bentuk verbal.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandangan mahasiswa terhadap kualitas pengetahuan dosen jurusan tarbiyah diantaranya adalah dosen memiliki pengetahuan yang luas, referensi lengkap, dan profesional dalam bidangnya serta mampu mengembangkan dan mengarahkan mahasiswanya pada keilmuan yang baik dan maju sehingga tercipta mahasiswa yang beriman dan berakhlak mulia (uswatun khasanah). Kualitas keterampilan dosen jurusan tarbiyah STAIN Kerinci yang profesional diantaranya adalah mampu dan kompeten di  dalam pengelolaan perkuliahan, cakap dalam menerapkan berbagai metode mengajar dan media belajar, dan kompetitif  dalam evaluasi belajar. Kualitas sikap, sifat, an perilaku dosen jurusan tarbiyah STAIN Kerinci diantaranya dosen memiliki kewibawaan, bertanggung jawab penuh, kaya literatur, transpran, mau menerima kritik, menghargai mahasiswa, serta mampu menjadi panutan yang baik bagi mahasiswa.

References

Anwar, Qomari, 2002, Reorientasi Pendidikan dan profesi Keguruan, Jakarta: Uhamka Press
Barsi, Nur Alim, Kualitas Dosen Profesional dalam Pandangan Mahasiswa dan Dosen, Al-Izzah, Vil. 1, nomor 2, (Desember, 2007)
Budiono, 2005, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung
Bugin, Burhan, 2007, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Departemen Agama RI, 1989, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT. Toha Putra Semarang
Djamarah, Syaiful bahri, 2005, Guru dan Anak Didik (Dalam interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis psikologis), Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dahlan, 2008, Kecerdasan Spritual dalam Pendidikan, kerinci: STAIN Kerinnci Press.
Hadari Nawawi, 1996, Penelitian Terapan, Yogyakarta; Universitas Gajah Mada Press
Moleong, J. Lexy 1994, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Margono, S, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, S, 2005, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Suparlan, 2006, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat publising
Tim penhyusun 2005, Buku Pedoman Dan Panduan Akademik STAIN Kerinci, Sungai penuh: STAIN Kerinci press
Tim Penelitian Kelompok Mahasiswa, Jurusan Tarbiyah, 2007, Laporan Penelitian Kelompok, Sungai Penuh; STAIN kerinci press
Tuanku Khatib, Ramayulis, Profesionalisme Guru Dan Dosen Untuk Peningkatan Mutu Pendidikdan Islam Dalam Era Teknologi Informasi, Disampaikan dalam Seminar Nasional STAIN Kerinci, 6-7 November 2007
Uhibyati, Nur dan Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: Pustaka Setia
Uwes, Sanusi, 1999, Manajemen Pegembangan Mutu Dosen, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu
Widodo, Erna dan Muktar, 2000, Kontruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif, Yogyakarta: Avirous.
Yusufhadi, Miarso, 2005, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta; Kencana
Yandianto, 1996, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung: M2S
Published
2022-04-30
How to Cite
ZULFAMANNA, Zulfamanna. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESIONALITAS DOSEN JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KERINCI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 16 - 38, apr. 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/87>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v12i1.87.