PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESIONALITAS DOSEN JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KERINCI

  • Zulfamanna Zulfamanna STAI YKI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap profesionalitas dosen jurusan tarbiyah sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN) kerinci. Penelitian ini mengambil bentuk penelitian lapangan. Respondennya adalah mahasiswa/mahasiswi dan dosen jurusan tarbiyah STAIN kerinci. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan mahasiswa/mahasiswi dan dosen jurusan tarbiyah STAIN Kerinci. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan analisis kualitatif, yakni dengan menggambarkan kejadian yang terjadi di lapangan sesuai dengan yang sebenarnya dalam bentuk verbal.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandangan mahasiswa terhadap kualitas pengetahuan dosen jurusan tarbiyah diantaranya adalah dosen memiliki pengetahuan yang luas, referensi lengkap, dan profesional dalam bidangnya serta mampu mengembangkan dan mengarahkan mahasiswanya pada keilmuan yang baik dan maju sehingga tercipta mahasiswa yang beriman dan berakhlak mulia (uswatun khasanah). Kualitas keterampilan dosen jurusan tarbiyah STAIN Kerinci yang profesional diantaranya adalah mampu dan kompeten di  dalam pengelolaan perkuliahan, cakap dalam menerapkan berbagai metode mengajar dan media belajar, dan kompetitif  dalam evaluasi belajar. Kualitas sikap, sifat, an perilaku dosen jurusan tarbiyah STAIN Kerinci diantaranya dosen memiliki kewibawaan, bertanggung jawab penuh, kaya literatur, transpran, mau menerima kritik, menghargai mahasiswa, serta mampu menjadi panutan yang baik bagi mahasiswa.