Mengidentifikasikan Pembelajaran Inovatif

  • M. Yusuf STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Handriadi Handriadi STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu konsep yang sangat komplek dalam menjadikan suatu kegiatan pembelajaran yang terjadi menjadi lebih efektif, efisien dan kondusif. Proses ini melibatkan berbagai unsur dalam satu lingkungan belajar, baik guru, siswa, media, dan unsur lain yang menunjang terjadinya interaksi belajar. Pembelajaran yang terjadi selama ini diartikan sebagai pembelajaran konvensional yang hanya memfokuskan pada komunikasi verbalistik, sentralisasi guru, pembelajaran yang otoriter, gurulah yang berhak menentukan apa yang akan dipelajari oleh siswa dan faham-faham yang tidak memberikan ruang kreatifitas baik bagi siswa dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Hal ini menjadi suatu dasar suatu jurang pemisah antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Sikap, paham, atau kebiasaan yang terjadi seperti disebutkan menjadikan suasana belajar tidak menyenangkan

References

Adang H, Darmajari, Arip S (2012). Metodologi pembelajaran kajian teoritis
praktis. LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi guru) Banten.
Didi S, Deni D (2012), Komunikasi Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya Bandung
Abuddin nata Perspektif islam tentang strategi pembelajaran, jakarta : Prenada Media Group : 2009.
M. Basyruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Cet I. Jakarta. Ciputat Pers, 2002.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet ketiga. Jakarta. Kalam Mulia, 2001.
Published
2022-06-30
How to Cite
YUSUF, M.; HANDRIADI, Handriadi. Mengidentifikasikan Pembelajaran Inovatif. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 38-48, june 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/88>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v12i1.88.