KOLABORASI PENDIDIK DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 DI SMPN 2 SUNGAI LIMAU

  • Marfiyanti Marfiyanti STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Hamdi Ibrahim Tanjuang STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran disekolah berjalan kurang baik, dikarenakan situasi dan kondisi yang ada sekaran yaitu kondisi musibah covid-19, karna musibah ini telah mempengaruhi selurul aspek kehidupan manusia, seperti Agama, ekonomi, pendidikan dan budaya dan lain-lainya, dalam penelitian ini penulis menemukan dilapangan bahwa di SMPN 2 Sungai Limau banyak dari peserta didik yang mengalami kesulitan belajar sehingga hasil belajarnya kurang bagus, hal ini menjadikan penulis ingin mendalami persoalan ini, agar hasil belajar peserta didik meningkat tentu ada usaha-usaha salah satunya dalam bentuk kolaborasi pendidik dan orang tua.dalam tesis ini akan dibahas: Bentuk kolaboratif pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik Pada Era Covid-19 di SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bentuk-bentuk pelaksanaan proses kolaborasi antara pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Output kolaborasi pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada masa pandemic covid-19 di SMPN 2 Sunagi LImau Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian dalam teiss ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bentuk kolaboratif pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik Pada Era Covid-19 di SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Untuk mengetahui bagaimana Bentuk-bentuk pelaksanaan proses kolaborasi antara pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Untuk mengetahui bagaimana Output kolaborasi pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada masa pandemic covid-19 di SMPN 2 Sunagi LImau Kabupaten Padang Pariaman.


Jenis Metodologi dalam penelitian tesis ini adalah lapangan (Fildl Research), metode lapangan yaitu : penelitian yang dilakukan di sebuah lokasi guna memberikan gambaran yang lengkap tentangsuatu keadaan, tepatnya di SMPN2 SungaiLImau, waktu penelitian 3 Bulan, sember data ada dua data primer adalah Pendidik Pendidikan Agama Islam dan peserta didik, sedangkan data sekunder adalah : orang tua dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data ialah dengan Observasi, wawancara dan Dokumentasi.Prosedur analisa data dan dikiri dengan keabsahan data.


Hasil penelitian adalah, Bentuk kolaboratif pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik Pada Era Covid-19 di SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman sudah berjalan dengan baik dengadua bentuk formal dan non formal. Bentuk-bentuk pelaksanaan proses kolaborasi antara pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman telah dilakukan perlu keberlanjutan seperti kunjungan pendidik kerumah peserta didik dan pemangilan orang tua kesekolah dan keterbukaan komunikasi . Output kolaborasi pendidik dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada masa pandemic covid-19 di SMPN 2 Sunagi LImau Kabupaten Padang Pariaman ialah: pengawasan waktu oleh pendidik dan orang tua terhadap peserta didik, pengawasan sikap dan juga mendudung terhadap potensi yang dimiliki oleh peserta didik ketika ketiga hal ini dilaksanakan namun belum secara maksimal, kedepanya harapanya kolaborasi ini terus dijaga dan ditingkatkan.

References

A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
Abdulsyani. 2012 Sosial Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara,
Al-Ghazali, Imam. 1994. Mengobati Penyakit Hati. Bandung : PT Charisma
al-Jamaly, Muhammad Fadhil. 1977. Nahwa Tabiyat Mukminat. Syirkat al-Tunisiyatli al-Tauzi
Anwar, Syaiful. 2014. Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta
Arif, Sadiman. 2008. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Burhanuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar Media
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori belajar & Pembelajaran Jakarta: Erlangga
Daradjat, Zakiah. 2004 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an Terjemahnya, Bandung : Diponegoro
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Fahmi, Asna Hasan. 1979. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang,
Guza, Afnil. 2008. Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kumpulan Undang-undang tentang Pendidikan kompilasi. Jakarta: Asa mandiri.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar, (Jakarta : Bumi Aksara,
Hasan, Khadijah 1994. Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya : Al-Iklas
https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/
Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). Universitas Muhammadiyah
Jagiyanto, 2006. Filosofi Pendekatan Dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus Untuk Dosen Dan Mahasiswa Yogyakarta: Andi Offset
Jaya, Suhery Trimardi Putra, dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Kemenkes.go.id
Khadijah. 2020. Pola Kerja Sama Guru Dan Orang Mengelola Bermain AUD Selama masa covid-19
Kusnawan, Acep, dkk. 2009. Manajemen Pelatihan Dakwah. Jakarta : Rineka Cipta,
Laila Kanti Safitri. 2021. Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajaranak pada, pembelajaran online di SD Negeri 5 Mertro Pusat
Mijib, Muhaimin Abdul. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam : kajian Filosofis dan Kerangka Operasionalnya, Bandung: Tri Genda Karya.
Muhaimin, dkk. 2012. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam-Upaya Mengefektifkan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
N., Sriwihajriyah, Ruskan, E. L., & Ibrahim, A. 2012. Sistem pembelajaran dengan e- learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi
Nasution, S. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara
Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Cet III. Jakarta: H. Masagung
Nawawi, Hadari. 1993. Administrasi Pendidikan, Jakarta : Masagung
Nirsa, dkk. 2019. Analisis Dan Evaluasi Pemanfaatan Sistem E-Learning Pada Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Ilmiah d’Computare Volume 9 Edisi Januari 2019
Pakpahan, Roida & Yuni Fitriani. 2020 Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System , Applied, Management, Accounting and Research Vol 4 No. 2 Mei 2020
R., Wulandari, dkk. 2020. Pemanfaatan Google Classroom dalam Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Rekayasa Journal of Science and Technology
Siti Nur. 2020. Dalam tesis yang berjudul peran orang tua dalam pembelajaran daring Sumatera Utara, ISBN: 978-602-361-045-7
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantiitatif, Kualitatif dan
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahas. 2005., Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Published
2022-06-30
How to Cite
MARFIYANTI, Marfiyanti; TANJUANG, Hamdi Ibrahim. KOLABORASI PENDIDIK DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 DI SMPN 2 SUNGAI LIMAU. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 73-81, june 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/91>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v12i1.91.