NILAI-NILAI KARAKTER DALAM HADIS RASULULLAH SAW DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

  • Budi Santoso STAI Yastis Padang

Abstract

Dinamika dunia pendidikan saat ini mulai jauh dari nilai karakter.
Melihat realitas yang ada, maka penulis ingin mengembalikan
alternatif solusinya kepada hadits-hadits Rasulullah Saw yang
berkenaan dengan karakter-karakter yang dilakukan Rasulullah
Saw pada masa-masa terdahulu. Penelitian ini berhasil
mengeksplorasikan 1) nilai-nilai karakter religius dalam hadits
Rasulullah Saw. yang dapat diungkap antar lain: di dalam
penanaman nilai-nilai karakter itu harus dilandasi dengan sebuah
penanaman nilai-nilai karakter Islam, Iman dan Ihsan.
Implikasinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia dengan
memperkenalkannya melalaui pengetahuan, kemudian caranya
dengan bertahap, dan yang sangat penting adalah rasa peduli
kepada sesama harus dimiliki setiap individu. 2) nilai-nilai
karakter integritas yang dapat diungkap dari hadits-hadits
Rasulullah Saw adalah:integritas itu merupakan asas dasar Islam
yang dapat dilihat dengan nilai karakter iman dan istiqomah.
Implikasinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia adalah
menjadi orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan
dan pekerjaan. 3) nilai-nilai karakter mandiri yang dapat diungkap
dalam hadits- hadits Rasulullah Saw. adalah: sikap tidak
bergantung pada orang lain, bertanggung jawab, menjaga
kehormatan dirinya, serta qana‟ah. Implikasinya terhadap
pendidikan karakter di Indonesia adalah mempergunakan segala
tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan
cita-cita, semuanya itu dilakukan dengan cara etos kerja yang
tinggi dan kuat, profesional, kreatif, keberanian dan menjadi
pembelajar sepanjang hayat. 4) nilai-nilai karakter nasionalis yang
Budi : Nilai-Nilai...





Al Mau’izhah Vol. XII No.1 Jan– Jun 2022



2
dapat diungkap dalam hadits Rasulullah Saw. adalah: dengan
menunjukan kepatuhan pada perintah dan menjauhi laranganlarangan. Implikasinya terhadap pendidikan karakter di Indonesia
menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan
diri dan kelompoknya. 5) Nilai-nilai karakter gotong royong dalam
hadits Rasulullah Saw. bahwa: adanya kerjasama dan bahumembahu menyelesaikan persoalan bersama. Implikasinya
terhadap pendidikan karakter di Indonesia pentingnya menjalin
komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/pertolongan pada
orang-orang yang membutuhkan