HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Abstract
Kajian ini akan mengungkapkan hakikat pendidikan Islam dari
aspek makna, dasar dan tujuan pendidikan Islam di Indonesia.
Urgensi kajian ini terletak pada beberapa aspek antara lain;
pertama, bahwa disiplin pendidikan Islam adalah proses
ijtihadi antara disiplin ilmu keislaman yang disarikan dari
sumber-sumber Islam itu sendiri dengan teori pendidikan yang
sudah berkembang, kedua, pendidikan Islam sebagai sebuah
epistimologi mesti dijelaskan kerangka pikirnya sehingga bisa
dijelaskan dari disiplin keilmuan tersendiri, ketiga, bahwa
menentukan arah pendidikan Islam yang sedang berjalan di
Indonesia sehingga tolak ukur pengembangannya dapat
dievaluasi secara kritis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dari aspek makna, para ahli pendidikan Islam berbeda
dalam mendefinisikannya dengan melihat titik tolak proses,
tujuan akhir, maupun aspek pengembangan dari manusia
sebagai subjek dan objek pendidikan Islam. Sedangkan dasar
pendidikan Islam merujuk pada sumber hokum dalam Islam
yaitu al-Qur’an, Hadis, Ijma’, Qiyas, kebiasaan baik yang
sudah berkembang (‘adat al-muhkamat) dan kemaslahatan
bersama (al-maslahah al-mursalah). Tujuan pendidikan Islam
mesti selaras dengan tujuan penciptaan manusia, tujuan
tauhid, tujuan perebdaan individu dan tujuan profesionalitas.