HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

  • Heri Surikno STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Sella Nurdin STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Rehatil Miska STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Kajian ini akan mengungkapkan hakikat pendidikan Islam dari
aspek makna, dasar dan tujuan pendidikan Islam di Indonesia.
Urgensi kajian ini terletak pada beberapa aspek antara lain;
pertama, bahwa disiplin pendidikan Islam adalah proses
ijtihadi antara disiplin ilmu keislaman yang disarikan dari
sumber-sumber Islam itu sendiri dengan teori pendidikan yang
sudah berkembang, kedua, pendidikan Islam sebagai sebuah
epistimologi mesti dijelaskan kerangka pikirnya sehingga bisa
dijelaskan dari disiplin keilmuan tersendiri, ketiga, bahwa
menentukan arah pendidikan Islam yang sedang berjalan di
Indonesia sehingga tolak ukur pengembangannya dapat
dievaluasi secara kritis filosofis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dari aspek makna, para ahli pendidikan Islam berbeda
dalam mendefinisikannya dengan melihat titik tolak proses,
tujuan akhir, maupun aspek pengembangan dari manusia
sebagai subjek dan objek pendidikan Islam. Sedangkan dasar
pendidikan Islam merujuk pada sumber hokum dalam Islam
yaitu al-Qur’an, Hadis, Ijma’, Qiyas, kebiasaan baik yang
sudah berkembang (‘adat al-muhkamat) dan kemaslahatan
bersama (al-maslahah al-mursalah). Tujuan pendidikan Islam
mesti selaras dengan tujuan penciptaan manusia, tujuan
tauhid, tujuan perebdaan individu dan tujuan profesionalitas.

References

Al-Islam al-Zarnuzi, Burhan, Ta'lim al-Muta'aliim fi Thariq alTa'allun, Surabaya: Salim Nabhan, tt
Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Edisi Revisi, Jakarta :
Bumi Aksara, 2005
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam,
Jakarta : Ciputat Press, 2002
Depag Republik Indonesia, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang
: PT. Karya Toha Putra, 1995
Drajat, Zakiyah dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi
Aksara, 1992
Ibn 'A1awi a1-Maliki a1-Lisaiy, Muhammad, Qawaid Asasiyah fi
Ilm Mushthalah al-Hadits, Macca: Dar Sahr, 1402 H
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grapindo
Persada, 2003
Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan
Islam, Bandung: Al- Ma‟arif, 1995
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam,
Bandung : PT. Al Ma‟arif, 1962
M. Noor, Syakirman, Paradigma Pendidikan Islam, Padang :
Baitul Hikmah, 1999
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta : Rajawali
Press, 2006
M Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991
Nata, Abudin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta :
Rajawali Pers, 1998
Nizar, Samsul, Memperbincangkan Dinamika Inteektual dan
Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam, Jakarta:
Kencana, 2008
Rahmat, Jalaluddin, Islam Alternatif, Bandung: Mizan, 1991
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2010
Saifullah, Muhammad Quthb dan Sistem Pendidikan Non
Dikotomik, Yogyakarta : Suluh Press, 2005
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung :
PT Remaja Rosda Karya, 1992
UU SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003, Bandung : Citra Umbara,
2003Heri, Sella, Rehatil : Hakikat...
256
Al Mau’izhah Vol. XII No.1 Jan– Jun 2022
Zuhdi, Masfuk, Pengantar Ilmu Hadits, Surabaya: Pustaka
Progresif, 1978
Zulmuqim, Filsafat Pendidikan Islam, Padang : Baitul Hikmah,
2004
Published
2022-06-30
How to Cite
SURIKNO, Heri; NURDIN, Sella; MISKA, Rehatil. HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Mau'izhah, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 225-256, june 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/95>. Date accessed: 28 nov. 2022.