Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK Pelangi Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

  • Misbah Laila STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak di sekolah TK Pelangi yang masih rendah. Dimana saat berhitung anak sering salah dalam menyebutkan urutan angka, angka yang disebutkan anak tidak berurutan dan ada juga anak yang menyebutkan angka dari angka 4 langsung ke angka 6, atau dari angka 7 langsung ke angka 10, maka tidak dapat membedakan angka 6 dan 9, sehingga sering salah dalam menyebutkan angka ketika berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan anak di TK Pelangi, untuk mengetahui pelaksanaan peningkatan kemampuan permulaan menggunakan media stick angka di TK Pelangi dan untuk mengetahui kendala dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan media stik angka di TK Pelangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini 4-5 tahun di TK Pelangi dengan jumlah 15 orang anak. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dengan teknik persentase.


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan sebanyak 3x pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek anak dapat menghitung dan menyusun angka 1-10 dengan benar pada siklus kedua pertemuan 3 mengalami peningkatan menjadi 13 orang yang memperoleh dengan persentase 86,7 %. Pada aspek anak dapat memasangkan angka dengan stick angka pada siklus 2 pertemuan 3 mengalami peningkatan sebanyak 13 orang dengan persentase 86,7 %.  Pada aspek anak berpartisipasi dalam belajar menggunakan stick angka pada siklus 2 pertemuan 3 mengalami peningkatan sebanyak 14 orang dengan persentase 93,3 %.


 

References

Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Sudirman Nyoman , Modul Karakteristik dan Kompentensi Anak Usia Dini, Bandung: Nilacakra, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kulatitatif dan R&D,, Bandung: Alfabeta, 2015
Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2014, h.98
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Putri, Anjani Belawati Pandiangan, Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Deepublish, 2019
Published
2022-07-24
How to Cite
LAILA, Misbah. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka di TK Pelangi Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Sibirantulang : Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 1, n. 1, july 2022. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/sibirantulang/article/view/101>. Date accessed: 04 may 2024.