MANAJEMEN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ZAM-ZAM PARIAMAN

  • Syahminal syahminal STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penataan atau pengelolaan lingkungan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik lingkungan psikis maupun fisik (indoor dan outdoor) di PAUD Zam-Zam Pariaman. Jenis penilitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan sumber informasi satu orang guru dan kepala sekolah PAUD Zam-Zam Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Zam-Zam Pariaman telah memenuhi standar manajemen lingkungan pembelajaran, yang memiliki karakteristik : (1) mudah diakses dan tersedia, (2) ada kebebasan bergerak dan memilih, (3) penuh tanggung jawab personal, (4) nyata dan alami, dan (5) indah dan selaras, bahwa manajemen lingkungan pembelajaran pada PAUD Zam-Zam Pariaman telah sesuai dengan perspektif Montessori.

References

Fadliillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta Prenadamedia Group.
Hidayatulloh, M. Agung. (2014) Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 Nomor 1 April 2014.
Latif, M., Zubaidah, R., Zukhairina, Afandi, M. (2013). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Mariyana, R., Nugraha, A., dan Rachmawati, Yeni. (2016). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mushlih, Ahmad, dkk. (2018). Analisis Kebijakan PAUD Mengungkapkan Isu-Isu Menarik Seputar AUD. Semarang: Mangku Bumi.
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-06-30
How to Cite
SYAHMINAL, Syahminal. MANAJEMEN PENGELOLAAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ZAM-ZAM PARIAMAN. Jurnal Sibirantulang : Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 12 - 18, june 2022. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/sibirantulang/article/view/79>. Date accessed: 19 apr. 2024.