EFEKTIVITAS MEDIA KEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PELANGI KECAMATAN BATANG ANAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kemasan terhadap kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Pelangi Kecamatan Batang Anai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment (eksperimen semu). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 86,9 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 75,6. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut. Dapat disimpulkan bahwa media kemasan efektif dalam mengembangkan kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak-kanak Pelangi Kecamatan Batang Anai tahun ajaran 2021/2022
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, Tatik (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 8 (1), 47-54.
Deliya, M. M., & Parmar, B. J. (2012). Role of
Packaging on Consumer Buying Behavior. Patan District Global Journalof Management and Business Research.Volume 12 Issue 10 Version 1.0
Ismaniar, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Karakteristik Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak. Kolokium Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.9
Mueller, Stephanie. 2006. Panduan Belajar Jilid 2
dengan benda-benda di sekitar untuk usia
3-8 tahun. Jakarta: Erlangga
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372
Resmi, N., & Wismiarsi, T. (2015). Pengaruh Kemasan dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 1–20.
Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia
Dini(Pengantar dalam berbagai aspeknya). Jakarta: Kencana Prenada Media Group