KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MENGHAFAL ASMAUL HUSNA MELALUI METODE GERAKAN TANGAN

  • Nursyamsi Nursyamsi STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • Afria Nelly STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini dengan menghafal Asmaul Husna melalui metode gerakan tangan di Kelompok Bermain (KB) Mitra Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui kecerdasan spiritual anak usia dini di KB Mitra kecamatan IV Koto Aur Malintang, Untuk mengetahui pelaksanaan menghafal Asmaul Husna melalui metode gerakan tangan di KB Mitra Kecamatan IV Koto Aur Malintang,  dan untuk mengetahui evaluasi menghafal Asmaul Husna di KB Mitra Kecamatan IV Koto Aur Malintang.


 


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara,  dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data dalam peenelitian ini menggunakan teknik analisis data, Penyajian data,  penarik kesimpulan, dan uji keasahan data.


 


Hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan spiritual anak usia dini di KB Mitra IV Koto Aur Malintang dalam menghafal Asmaul Husna dengan menggunakan metode gerakan tangan, dari 29 anak di KB Mitra terdapat 3 orang anak sudah bisa berkembang sangat baik ( BSB), 8 anak mengahafal Asmaul Husna berkembang sesuai harapan (BSH), 9 anak yang sudah mulai berkembang (MB).

References

Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power (Jakarta: Arga, 2003)
Aisyah, Siti dan Heri Hidayat, Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD (Bandung : CV arvino Raya, 2015)
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2000), Edisi Ke-3.
Falah, Raden, Penerapan Metode Isyarat Tangan Dalam Pembelajaran Menghafal dan Mengartikan Al-Qur’an, (Jurnal PAI, Vol. 2, No. 1. 2020)
Garner, Howard. Multiple Intelegences. (Batam: Interaksa. 2002).
Istiyani, Ika, Pengaruh Metode bernyanyi Terhadap Peningkatan Asmaul Husna, ( Magelang, 2020)
Ikhwanshafa, Relevansi dan Urgensi Kecerdasan Spirtual, Intelektual Dan Emosional Dalam Perspektif Islam, Vol. 14.No.2. Tahun 2018
Munandir, Ensiklopedia Pendidikan, (Malang : UM Pers, 2001)
Mutia, Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, (Prenada Media Grup, 2010)
Moeleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
2006)
Pamungkas, M Imam, Yuristia Wira Cholifah, Renti Oktaria, Pengalaman belajar Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Aspek Kecerdasan Spiritual, Vol.III No.1 April 2017
Sahla, Abu, Indahnya Asmaul Husna, (Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2011)
Syarif, Chatrine, Menjadi Pintar dengan Otak Tengah, (Yogyakarta: PT Buku Kuta, 2010)
Supardi, Metodologi Penelian Ekonomi Dan Bisnis, (Yogyakarta: UII Press, 2005)
Suyadi, Psikologi Belajar PAUD. (Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi, 2010)
Wiyani, Novan Ardy & Barnawi, Ilmu Pendidikan Islam Rancang Bangun Konsep Pendidikan Manokromik, Holistik (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2001)
Zohar, Danah dan Ian Marshall, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan, (Bandung: Mizan, 2001)
Published
2022-06-30
How to Cite
NURSYAMSI, Nursyamsi; NELLY, Afria. KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MENGHAFAL ASMAUL HUSNA MELALUI METODE GERAKAN TANGAN. Jurnal Sibirantulang : Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 1, n. 1, june 2022. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/sibirantulang/article/view/81>. Date accessed: 26 apr. 2024.