Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Pada Siswa Menengah Atas

  • Maulininsyah Maulininsyah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • M. Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muh. Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muh. Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Abstract

Salah satu peran utama pendidikan nasional adalah membentuk karakter peserta didik. Dalam proses pembentukan karakter, penting untuk memperkuat pemahaman moderat sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dapat membantu menumbuhkan sikap saling menghargai dan semangat nasionalis dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam merangsang pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai moderasi beragama adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam penelitian ini, digunakan jenis penelitian Pengembangan atau Research and Development dengan menerapkan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), dengan fokus pada kelas X SMAN 1 Latambaga Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi beragama telah berhasil melewati tahap validasi oleh validator ahli dengan nilai 3,6. Skor tersebut menunjukkan bahwa buku ajar tersebut terkategori sebagai "valid". Dalam segi praktisitas, evaluasi dari observer menyatakan bahwa penggunaan buku ajar ini berada dalam kategori 3,7, atau dapat dikatakan sebagai kategori praktis. Secara keseluruhan, tingkat efektivitas buku ajar ini dinilai dengan menggunakan Tes hasil belajar pre-test dan post-test, yang menghasilkan N-Gain sebesar 0,55, dan dikategorikan sebagai tingkat peningkatan sedang. Oleh karena itu, buku ajar Pendidikan Agama Islam berbasis moderasi ini dapat dianggap efektif untuk digunakan dalam mendukung proses pembelajaran peserta didik.