Pengaruh Manajemen Strategis Terhadap Mutu Pendidikan pada Program Unggulan Full Day School (Fds) di Madrasah
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School (FDS) di Madrasah. Full Day School merupakan program unggulan yang memberikan dampak positif terhadap kualitas madrasah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School (FDS) di Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs N 1 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan pengelola program Full Day School (FDS) sebanyak 37 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana keseluruhan jumlah populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis data melalui analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School (FDS) di Madrasah. Hal ini ditunjukkan melalui persamaan regresi Y = 15,386 + 0,683X dengan pengujian t hitungĀ 6,663 > t tabel = 2,030. Adapun besarnya pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School sebesar 55,9%. Sedangkan, sisanya 44,1% dipengaruhi oleh faktor lain.