Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Perkembangan Psikologi Anak SD Islam Cendikia Faiha Palembang
Abstract
Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam mengandung solusi dari masalah hidup manusia dan menjadi pedoman bagi umat Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitiatif, sehingga data yang di hasilkan berupa kata dan kalimat.Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa sekolah memiliki beragam metode untuk mengintegrasikan ajaran-ajaran Al-Qur'an pada peserta didik, baik melalui kurikulum formal maupun melalui budaya sekolah. Salah satu pendekatan yang digunakan oleh SD Islam Cendikia Faiha adalah penyelenggaraan mata pelajaran Agama Islam. Selain itu, sekolah juga mengadakan kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, dan ceramah keagamaan. Kegiatan-kegiatan ini membantu siswa memahami pentingnya ibadah dan mendorong mereka untuk menerapkan ibadah dalam rutinitas harian mereka. Selain itu, sekolah juga menerapkan pendekatan untuk menggabungkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam mata pelajaran lain, termasuk sejarah, sastra, bahasa, dan sains. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa memahami peran nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek kehidupan.
References
Affandi, R. (2011). Tujuan Pendidikan Nasional Perspektif Al-Qur’an.
Cahya Ghani Recovery, (2023). Analisis Perkembangan Kognitif, Sosio-Emosional, Moral, Bahasa dan Implementasinya dalam Pembelajaran.
Ashif Az Zafi, (2020). Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis.
Fitriyah, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak.
Huda, Hamid, and Misbah, (2019). Konsep Wasathiyyah M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah.
Ibrahim, Choirun Niswah, D. I. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Islamiyah Tarbiyah Sekar Jaya Ogan Komering Ulu. Jurnal Dirasah, 6(2), 431–441.
Ibrahim, Badaruddin, K. M. S., & Ridiana, P. (2023). Operasionalisasi Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(September), 239–250.
Ibrahim, & dkk. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG Ibrahim, Nita Nur Cahyani, Mardiah Astuti, Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Hikmah, 18(2), 187–199.
Ibrahim, Mustika, A., Marlina, L., & Alfiyanto, A. (2022). Pelaksanaan Bimbingan Konseling dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 6(1), 321–327.
Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.
Muhammad Khoiruddin, (2018). Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid Dalam Perspektif Al-Qur’an.
Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.
Ngainun, Naim. (2009). Menjadi Guru Inspiratif; Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan nilai agama dan moral, Paramurobi.
Nurma, N., & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini
Nurma, N., & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini.
Savira, L., Subiyantoro, S., & Ekasari, R. D. (2020). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Siswa Usia Dasar.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sujarweni, V.Wiratna. (2014). Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Zafi, A. A. (2020). Penerapan nilai-nilai moderasi al-qur’an dalam pendidikan Islam.