Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Perkembangan Psikologi Anak SD Islam Cendikia Faiha Palembang

  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutyati Mutyati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Andriana Septiani Shenia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Meidika Meidika Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Erda Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Masning Masning Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam mengandung solusi dari masalah hidup manusia dan menjadi pedoman bagi umat Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif  kualitiatif, sehingga data yang di hasilkan berupa kata dan kalimat.Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak terkait. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa sekolah memiliki beragam metode untuk mengintegrasikan ajaran-ajaran Al-Qur'an pada peserta didik, baik melalui kurikulum formal maupun melalui budaya sekolah. Salah satu pendekatan yang digunakan oleh SD Islam Cendikia Faiha adalah penyelenggaraan mata pelajaran Agama Islam. Selain itu, sekolah juga mengadakan kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, dan ceramah keagamaan. Kegiatan-kegiatan ini membantu siswa memahami pentingnya ibadah dan mendorong mereka untuk menerapkan ibadah dalam rutinitas harian mereka. Selain itu, sekolah juga menerapkan pendekatan untuk menggabungkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam mata pelajaran lain, termasuk sejarah, sastra, bahasa, dan sains. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa memahami peran nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek kehidupan.