Efektivitas Penggunaan Media Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika

  • Reza Oktiana Akbar Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Lu’lu Fauziyah Nurkhotimah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis respon peserta didik terhadap media animasi powtoon, untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media animasi powtoon, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media animasi powtoon terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan desain pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi powtoon efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik padapelajaran matematika hal ini dapat dilihat pada nilai kumulatif persentase angket respon siswa sebesar 76% dan angket minat sebesar 58,38% sebelum penggunaan dan 74,76% sesudah dengan penggunaan media animasi powtoon. Pada hasil belajar nilai rata-rata pretest sebesar 35,24 sedangkan posttest sebesar 72,14  selain itu hasil uji t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. Sedangkan hasil rata-rata nilai N-Gain diperoleh sebesar 56,95%.


 

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Atapukan, E. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Nergeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 77.
Cahyani, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negri 4 Muaro Jambi. Jambi: Universitas Islam Negri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Dewi Purwanti, R., Dinda Pratiwi, D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VII SMP Negri 2 Bandar Lampung. Pendidikan Matematika, 116.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 2530-2540.
Hamidaturrohmah, Zumala, F., Hasanah, U., & Suroyya, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Media Powtoon. Jurnal Pendidikan Dasar, 122-131.
Hardyanti.T, R., Subagyo, L., & Qodar, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio-Visual Dengan Aplikasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Impuls dan Momentum di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 31-40.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 30-41.
Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi. Surabaya: Pustaka Askara.
Karmilah, L. (2019). Keefektifan Media Powtoon Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negri Tegal Wangi 02 Kabupaten Tegal. Semarang: Universitas Negri Semarang.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Nashiroh, P. K., Rini, F. E., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 43-52.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur'an, Hadist, Syari'ah danTarbiyah, 171-187.
Putri, E. F. (2021). Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 198-205.
Putri, S. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa SMP Negeri 3 Tinambung. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Salahuddin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTSN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, 1-7.
Published
2023-10-17
How to Cite
AKBAR, Reza Oktiana; NURKHOTIMAH, Lu’lu Fauziyah. Efektivitas Penggunaan Media Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 150-160, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/127>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v12i2.127.