Efektivitas Penggunaan Media Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika

  • Reza Oktiana Akbar Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Lu’lu Fauziyah Nurkhotimah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis respon peserta didik terhadap media animasi powtoon, untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media animasi powtoon, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media animasi powtoon terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan desain pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi powtoon efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik padapelajaran matematika hal ini dapat dilihat pada nilai kumulatif persentase angket respon siswa sebesar 76% dan angket minat sebesar 58,38% sebelum penggunaan dan 74,76% sesudah dengan penggunaan media animasi powtoon. Pada hasil belajar nilai rata-rata pretest sebesar 35,24 sedangkan posttest sebesar 72,14  selain itu hasil uji t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima. Sedangkan hasil rata-rata nilai N-Gain diperoleh sebesar 56,95%.