Implementasi Sistem Full Day School dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI

  • Saparia Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Full day school merupakan sistem pembelajaran dengan menambahwaktu dalam belajar, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik.Artiel ini membahas tentang penerapan sistem full day school yang bertujuan untuk menyeimbangkan tiga hal pokok yakni kognitif, afektif dan psikomotrik peserta didik. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam artikel ini adalah kepala sekolah, Pendidik PAI, dan peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 4 Pariaman. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Temuan dari artikel ini menunjukan: Pertama, adanya peningkatan hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI peserta didik di SMAN 4 Pariaman setelah diterapakannya full day school. Hal ini dilihat dari peningkatan pengetahuan (knowledge), peningkatan dari segi pemahaman (comprehension) dan juga peningkatan dari segi penerapan (application). Kedua, adanya peningkatan hasil belajar afektif mata pelajaran PAI peserta didik di SMAN 4 Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan sikap peserta didik dalam pembelajaran, juga terjadi peningkatan minat peserta didik dalam beribadah yang dilakukan di sekolah, serta terbiasanya peserta didik dalam melakukan perilaku-perilaku positif sehingga meningkatnya moral peserta didik. Ketiga, adanya peningkatan dari hasil belajar psikomotorik mata pelajaran PAI peserta didik di SMAN 4 Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan peserta didik dalam meniru (imitasi) setelah mengikuti proses praktek pada mata pelajaran PAI seperti; praktek penyelenggaraan jenazah dan praktek dakwah serta peserta didik mampu dalam melakukan artikulasi dalam pembelajaran ketika melaksanakan praktek tersebut.