Implementasi Sistem Full Day School dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI

  • Saparia Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin Pariaman

Abstract

Full day school merupakan sistem pembelajaran dengan menambahwaktu dalam belajar, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik.Artiel ini membahas tentang penerapan sistem full day school yang bertujuan untuk menyeimbangkan tiga hal pokok yakni kognitif, afektif dan psikomotrik peserta didik. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam artikel ini adalah kepala sekolah, Pendidik PAI, dan peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 4 Pariaman. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Temuan dari artikel ini menunjukan: Pertama, adanya peningkatan hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI peserta didik di SMAN 4 Pariaman setelah diterapakannya full day school. Hal ini dilihat dari peningkatan pengetahuan (knowledge), peningkatan dari segi pemahaman (comprehension) dan juga peningkatan dari segi penerapan (application). Kedua, adanya peningkatan hasil belajar afektif mata pelajaran PAI peserta didik di SMAN 4 Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan sikap peserta didik dalam pembelajaran, juga terjadi peningkatan minat peserta didik dalam beribadah yang dilakukan di sekolah, serta terbiasanya peserta didik dalam melakukan perilaku-perilaku positif sehingga meningkatnya moral peserta didik. Ketiga, adanya peningkatan dari hasil belajar psikomotorik mata pelajaran PAI peserta didik di SMAN 4 Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan peserta didik dalam meniru (imitasi) setelah mengikuti proses praktek pada mata pelajaran PAI seperti; praktek penyelenggaraan jenazah dan praktek dakwah serta peserta didik mampu dalam melakukan artikulasi dalam pembelajaran ketika melaksanakan praktek tersebut.


 

References

Abu Bakar, Herni Yuli R, Asrul, & Hasma Nur Jaya (2020). Implementasi Full Day School dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) Vol. 1 No. 2. h. 104
Bagus Wahyu Setyawan. (2021). Model Pengelolaan Full day school untuk Menumbuhkan Karakter Islami pada Siswa SMA di Kota Surakarta. JoIEM, Vol.2.
Baharuddin. (2010). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamal Ma’mur Asmani. (2017). Full Day School Konsep Manajemen dan Quality Control, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. h. 31
Lutfia Irma Diana. (2018). Penerapan Sistem Full Day School Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Di Smp Negeri 1 Sambeng. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 06 Nomor 2 Jilid III. h 782
Muhammad Iqbal, Liza Nurfadillah, Ayu Rahmini Hia, Suri Lestari Br. Purba, & Ahmad Naufal (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Full Day School di SMP-IT Nurul Ilmi. Journal on Education Volume 07, No. 01. h.3235
Pebriani Dwi Wahyuni, Ery Tri Djatmika, Abdur Rahman As’ari. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 3, h. 680
Rambe, Riris Nur Kholidah. 2018. Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, Vol. 25, No. 1. Tersedia: Deni kurniawan, Pembelajaran Terpadu Tematik, (Bandung: Alfabeta, 2019), hal. 10
Ruwaida, Hikmatu. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di Mi Miftahul Anwar Desa Banua Lawas: Al-Madrasah: Jurnal
Setiadi, H. (2016). PelaksanaanA penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.71 73 Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), hlm. 5.
Suranto, & Seftiana. (2017). Penerapan Kebijakan Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 181-189).
Susiati, P., & Asyhar, A. (2015). Pelaksanaan Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik (Studi Problematika Perkembangan Sosial Peserta Didik). Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 76-96. (6)
Suyyinah, 2019.Full Day Education: Konsep dan Implementasi, Malang: Literasi Nusantara. h. 17
Published
2023-10-19
How to Cite
FITRIANI, Saparia. Implementasi Sistem Full Day School dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 21-41, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/128>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.128.