Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Saat Covid: yang di Pengaruhi oleh Motivasi Belajar serta Computer Attitude sebagai Varaibel Mediasi

  • Ronald Girsang Universitas Muara Bungo

Abstract

Covid 19 atau yang kita sebut  pandemic menyebabkan dampak yang sangat meluas ke berbagai bidang, terutama bidang pendidikan. Surat Edaran No. 4 tahun 2020 menyebutkan seluruh satuan pendididkan melaksanakan secara online. Penelitian ini menguji Prestasi Belajar Komputerisasi Akuntansi dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar dengan melalui Computer Attitude. Dengan Deskriptif kuantitatif untuk menguji hipotesis penelitian ini di uji model SEM, dengan alat uji Smart Pls 4.0. Untuk  hipotesis  mengunakan two tailed pada alpha 5 persen. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 84 mahasiswa. Dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Motivasi berpengaruh Tehadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi (Motivasi -> PBKA). (2) Computer Attitude berpengaruh Tehadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi ( Computer Attitude  -> PBKA). (3) Motivasi Tehadap berpengaruh Computer Attitude ( Motivasi -> Computer Attitude). (4) Motivasi Belajar melalui Computer Attitude berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi. (Motivasi -> Computer Attitude -> PBKA).

References

Alothman, M., Robertson, J., & Michaelson, G., 2017. Computer Usage and Attitudes Among Saudi Arabian Undergraduate Students . Computer & Educations, 1-23.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bakar, R., 2014. The Effect of Learning Motivation on Students Productive Competencies in Voicational Hiogh School, West Sumatera. International Journal of Asian Social Science, 722-732.
Darmawati, J., 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 79-90.
Dewi, R., & Marwan, M., 2019. Pengaruh Faktor Fisiologis, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMAN 2 Painan. Jurnal Ecogen, 696-705.
Dimyati, & Mudijono., 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Harackiewicz, J. M., & Hulleman, C. S., 2010. The importance of interest: the role of achievement goals and task values in promoting the development of interest. Social and Personality Psychology Compass, 4 (1), 42–52.
Hutajulu, A. L., Marwa, M., & Oknaryana, O., 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kemampuan Belajar Mahasiswa PPLK dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 10 Padang. Jurnal Ecogen, 935-943.
Harrison, A., & Rainer, R. 1992. An examination of the factor structures and concurrent validitiesfor the computer attitude scale, the computer anxiety rating scale, and the computer self-efficacy scale. Educational and Psychological Measurement, 52(3), 735.
lameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka.
Irianto, A. 2016. Statistik: Konsep Dasar,Aplikasi, Dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020. Surat Edaran No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Sekretariat Negara: Republik Indonesia
Kusuma, Z. L., & Subkhan, S. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 PATI Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Aducation Analysis Journal, 164-171.
Mezirow, J. 2000. Learning as Transformation: Critical Perspectives on a Theory in Progress. San Fransisco: Jossey-Bass.
Murayama, K., FitzGibbon, L., & Sakaki, M. 2019. Process Account of Curiosity and Interest: A Reward-Learning Perspective. Educational Psychology Review, 1-21
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 1-10.
Safitri, Era, M., & Setiyani, R., 2016. Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB. Economic Education Analysis Journal, 30-43.
Sahara, R., & Sofya,R. 2020. Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 419-431.
Sardiman, A. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suranto, S., & Seftiana, S. 2017. Penerapan kebijakan full day school terhadap hasil belajar siswa. Universitas. Muhammadiyah. Surakarta.
Teo, T. 2008. Assessing the Computer Attitude of Students: An Asian Perpective. Computers in Human Behavior, 1634-1642.
Tu'u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Weli. (2015). Accounting Students Attitude toward Computer, The Acceptance of the Accounting Information System's Course and Teaaching Method. Procedia Social and Behavioral Science, 18-25.
Wulandari, N., & Rohayati, S., 2015. Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMKNegeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1-10.
Yulianda, M., & Syofyan, R, 2018. Pengaruh Motivasi Belajar, Teman Sebaya Terhadap Prokratinasi Akademik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 450-462
Published
2023-10-21
How to Cite
GIRSANG, Ronald. Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Saat Covid: yang di Pengaruhi oleh Motivasi Belajar serta Computer Attitude sebagai Varaibel Mediasi. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 47-61, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/130>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i1.130.