Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru di SDN Plawad VI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan kinerja guru SDN Pawad VI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskritif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti. Keseluruhan data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Penentuan responden menggunakan stratified random sampling yaitu pengambilan data dengan memperhatikan strata yang ada dari seluruh populasi menjadi responden penelitian yaitu berjumlah 8 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kinerja Guru meningkat. Ini mengandung arti bahwa semakin baik supervisi akademik kepala sekolah maka akan semakin baik pula Kinerja Guru.
References
Alfabeta.
Peraturan Pemerintah No.32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.63 tahun 2009 Pasal (1) ayat (1).
Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud Tahun 2014.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra,U. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Umiarso, dan Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan.
Jogjakarta: IRCiSoD.