Pengembangan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Bahasa Arab Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis konteks pada Unit Kegiatan Belajar Mandiri Bahasa Arab (UKBM) untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Sekolah Tzanawiya Zainul Hasan 1 Gengon Probolinggo. Peneliti mengembangkan materi ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa materi bahasa Arab yang digunakan tidak relevan dengan kebutuhan siswa dan kurang meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa secara maksimal. Pengembangan materi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Bahasa Arab didasarkan pada hasil perencanaan dan desain pengembangan. Nilai rata-rata verifikator terhadap draf pertama modul pengajaran bahasa Arab ini adalah 22,89 dengan kategori “sangat baik”.