Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik di SMAN 1 Pomalaa

  • Ismail Ali Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • M. Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Muh. Iqbal Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Pomalaa. Meskipun metode saintifik dianggap efektif untuk memahamkan materi dengan jelas dan praktis, banyak guru masih cenderung menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif di SMAN 1 Pomalaa, dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI terhadap hasil belajar peserta didik. Diketahui bahwa nilai Y= 0,917 + 0,947 : 1,864. Lebih lanjut, nilai thit yang lebih besar dari ttab pada taraf signifikan 5% menegaskan adanya pengaruh nyata variabel pendekatan saintifik (variable X) terhadap hasil belajar (variable Y). Kesimpulannya, penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Pomalaa. Temuan ini memberikan dasar kuat untuk mendukung implementasi lebih lanjut dari pendekatan saintifik dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

Akbar, M. (2020, October). Mengimplementasikan Enam Langkah Strategis Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Untuk Mendidik Anak Berkarakter. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).
Akbar, M., Nurhayati, N., & Dzulfina, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Kelas Viii Di Mts Babussalam Hksn Mangolo. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 6(1), 53-77.
Ansori, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SD dan SMP Plus Al-Qodiri Jember) Tahun Pelajaran 2019/2020. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 18(1), 110-128.
Fatmawaty, F., Zakaria, M. A., & Hartono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Kelas X di SMA IT Wahdah Islamiyah Pomalaa. Journal on Education, 5(4), 11334-11344.
Hasanah, I. M., Asbari, M., & Wardah, H. (2024). Guru Berkualitas: Esensi Pendidikan Bermutu. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 23-27.
Indriyanti, I., Mulyasari, E., & Sudarya, Y. (2017). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 13-25.
Iqbal, M., & Arifin Ahmad, A. (2020). Development of Scientific Based Islamic Religious Education Learning Devices at Junior High School. Solid State Technology, 63(5), 9834-9840.
Krismoniansyah, R., Hamengkubuwono, H., & Sutarto, S. (2021). Analisis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 4(2), 100-106.
M. Azkari Zakariah et al. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Action Research and Development. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.
Rudiana Agustini. (2019). Seaffolding Pendekatan Saintifik. Surabaya: Jaudar Press.
Udin S. Winataputra et al. (2007). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2024-02-21
How to Cite
ALI, Ismail; ZAKARIAH, M. Askari; IQBAL, Muh.. Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik di SMAN 1 Pomalaa. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 10-18, feb. 2024. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/191>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v14i1.191.
Section
Articles