Pengaruh Manajemen Strategis Terhadap Mutu Pendidikan pada Program Unggulan Full Day School (Fds) di Madrasah

  • Ida Faridah Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo, Jawa Tengah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School (FDS) di Madrasah. Full Day School merupakan program unggulan yang memberikan dampak positif terhadap kualitas madrasah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School (FDS) di Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs N 1 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan pengelola program Full Day School (FDS) sebanyak 37 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana keseluruhan jumlah populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis data melalui analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School (FDS) di Madrasah. Hal ini ditunjukkan melalui persamaan regresi Y = 15,386 + 0,683X dengan pengujian t hitung  6,663 > t tabel = 2,030. Adapun besarnya pengaruh manajemen strategis terhadap mutu pendidikan pada program unggulan Full Day School sebesar 55,9%. Sedangkan, sisanya 44,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). "Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu‎ Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah". Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 87-94.
E. Mulyasa. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Fadhli, M. (2017). "Manajemen peningkatan mutu pendidikan". Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Farida, I., & Kamalia, A. A. (2020). Konsep Manajemen Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlakul Karimah Di MTs Ma’arif NU Kemiri. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 9-19.
Faridah, I. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Terhadap Motivasi Kerja Guru SD di Gugus Rujakbeling Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 398-405.
Faridah, I., & Zuhro, A. F. (2023). Implementasi Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Madrasah. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(8), 3817-3830.
Faridah, I. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Upaya Mengantisipasi Maraknya Seks Bebas Di Kalangan Pelajar SMA Sudirman Bruno Purworejo. Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(2), 178-185.
Hadis, A. dan Nurhayati, B. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: AlfaBeta.
Kholis, N. (2014). Manajemen Strategi Pendidikan. Anggota IKAPI UIN Sunan Ampel.
Nurmalasari, I. (2022). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 376-385.
Nurmalasari, I. (2022). Buku Daras Sistem Informasi Manajemen.
Nurmalasari, I., & Karimah, D. Z. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar di MTS Ma’arif NU Kemiri Purworejo. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(8), 3895-3903.
Nurmalasari, I. (2022). Manajemen Kurikulum dalam Efektivitas Proses Pembelajaran pada Era Pandemi Covid-19 di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang. PeTeKa, 5(1), 35-45.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, P. (2015). Produktivitas Sekolah (Teori untuk Praktik di Tingkat Satuan Pendidikan). Alfabeta.
Tardian, A. (2019). "Manajemen Strategik Mutu Sekolah: Studi Kasus di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto." Jurnal kependidikan, 7(2), 192-203.
Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. PT Raja Grafindo Persada.
Wicaksono, A. G. (2017). "Fenomena Full Day School dalam Sistem Pendidikan Indonesia". Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10-18.
Rahman, M., & Faridah, I. (2020). Implementasi Kurikulum di SD Negeri Ngemplak Tahun 2019: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(2), 53-58.
Published
2024-03-07
How to Cite
FARIDAH, Ida. Pengaruh Manajemen Strategis Terhadap Mutu Pendidikan pada Program Unggulan Full Day School (Fds) di Madrasah. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 43-57, mar. 2024. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/199>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v14i1.199.
Section
Articles