Memahami Esensi Kapita Selekta dalam Pendidikan Agama Islam

  • Hesti Agusti Saputri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Hikmah Mulyanti Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Chanifudin Chanifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami hakikat dari kapita selekta dalam konteks pendidikan agama Islam. Kapita selekta, sebagai suatu konsep penting, menyoroti esensi dalam memilih dan menekankan materi-materi yang paling relevan dan signifikan dalam pembelajaran agama Islam. Dengan analisis konseptual yang jelas, jurnal ini menggambarkan bagaimana penerapan kapita selekta dalam praktik sehari-hari. Pendidikan agama Islam dapat memberikan wawasan yang mudah dimengerti. Harapannya, hasil penelitian ini akan meningkatkan pemahaman tentang urgensi kapita selekta dan kontribusinya terhadap pembentukan karakter dalam konteks pendidikan agama Islam.

References

Adiyono, Ana Satia Agnia, dan Tuhfah Maulidah. (2023). “Strategi Manajemen Kurikulum dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nashirul As’ adiyah Pepara Tanah Grogot.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1.
Aladdiin, Hisyam Muhammad Fiqyh, dan Alaika M Bagus Kurnia Ps. (2019). “Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal Penelitian Medan Agama, Vol. 10, No. 2.
Alawi, Asep Habib Idrus. (2019). “Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia.” Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 9, No. 1.
Anwar, Syaiful. (2017). “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2.
Bashori, Bashori. (2021). “Modernitas Pesantren ditinjau dari Aspek Kurikulum (Studi Kurikulum Berbasis Minat Bakat).” JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2.
Efendy, Rustan, dan Irmwaddah Irmwaddah. (2022). “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa.” Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1.
Firdaus, Nurul, et.al. (2023). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Wiraswasta Cimahi.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 17, No. 2.
Haris, Muhammad. (2015). “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. HM Arifin.” Jurnal Ummul Qura, Vol. 6, No. 2.
Hendri, Jon, et.al. (2024). “Implementasi Pendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural pada Peserta Didik", Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), Vol. 7, No. 1.
Hidayati, Nur. (2015). “Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berdasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar.” Jurnal Candi, Vol. 9, No. 1.
Imamah, Yuli Habibatul, Etika Pujianti, dan Dede Apriansyah. (2021). “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Mubtadiin, Vol. 7, No. 02.
Iswati, dan Ihsan Dacholfany. (2021). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Lampung: CV. Laduny Alifatama.
Karmila, dan Chanifudin. (2023). “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penanaman Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 02 Tasik Putri Puyu" JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, Vol. 3, No. 3.
Komariah, Nur. (2015). “Kurikulum Berbasis Al-Quran (KBQ) Pada Anak Usia Dini.” Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1.
Lubis, Maesaroh. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jawa Barat: Edu Publisher.
Mayasari, Liya. (2013). “Manajemen Kurikulum Berbasis Tauhid di SMP Ar Rohmah Putri Boarding School Malang,” Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 24, No. 1.
Nur’ariyani, Siti, Jumyati Jumyati, dan Lukman Nulhakim. (2022). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Vol. 4, No. 6.
Nurazizah, Afifah, Ajat Rukajat, dan Khalid Ramdhani. (2022). “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Milenial.” Jurnal Peteka, Vol. 5, No. 3.
Qalbi, Rizky Wahyuni, dan Sarwo Derta. (2020). “Perancangan Aplikasi Monitoring Ibadah Harian Siswa Berbasis Android di SMAN 2 Tilatang Kamang.” Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, Jurnal 16, No. 3.
Rohman, Miftahur, dan Mukhibat Mukhibat. (2017). “Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi di MAN Yogyakarta III.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1.
Rusdiana, dan Abdul Kodir. (2013). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Published
2024-04-30
How to Cite
SAPUTRI, Hesti Agusti; MULYANTI, Hikmah; CHANIFUDIN, Chanifudin. Memahami Esensi Kapita Selekta dalam Pendidikan Agama Islam. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 79-92, apr. 2024. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/203>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v14i1.203.
Section
Articles