PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 8 PARIAMAN

  • Misbah Laila STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Erik Gusniadi STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih ditemukannya sebagian siswa yang cenderung malas dan kurang minat dalam belajar. Hal ini sering terjadi selama pembelajaran di kelas, terlihat aktivitas siswa tidak fokus dan kurang berminat terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mereka cenderung tidak memperhatikan guru, bahkan banyak yang keluar saat pembelajaran berlangsung dengan alasan pergi ke kamar mandi. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui gambaran minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 8 Pariaman.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan angket sedangkan teknik analisis menggunakan, uji prasyarat Analisis,yaitu uji normalitas menggunakan sample kolmogorov-smirnov test – one, uji homogenitas menggunakan test of homogeneity of variances, dan uji hipotesis (uji T)menggunakanpaired samples test.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu berada pada kategorisasi berminat. Sedangkan Minat belajar peserta didik yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu berada pada kategorisasi minat yang rendah. Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 8 Pariaman. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya nilai rata-rata hasil t-test minat belajar siswa diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan signifikan 0,47. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolakdan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 8 Pariaman.

References

Azwar, Saifuddin. MetodePenelitian. Yogyakarta :Pustaka pelajar. 2008
Bektiarso, Singgih, Strategi Pembelajaran Yogyakarta: Laks Bang PRESSindo, 2015
Leater, Crow D & Crow, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta; Nurcahaya. 1989
M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PedomanIlmu Jaya.1995
Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.2009
Nurdin, Syarifuddun, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Madrasah dan PTAI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 2006
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia:2002
Sisdiknas, Undang undang Guru dan Dosen. Jakarta: Visi Media.2007
Published
2019-12-11
How to Cite
LAILA, Misbah; GUSNIADI, Erik. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 8 PARIAMAN. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 2, dec. 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/23>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.23.