Peranan Ayah dalam Pendidikan Anak

  • Nursyamsi Nursyamsi STIT Syekhburhanuddin Pariaman
  • Novia Yanti STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Dalam Islam kedudukan seorang ayah sangatlah penting. Ayahmerupakan kepala rumah tangga yang memimpin seluruh anggota keluarga. Ayah memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh anggota keluarga dan ayah akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinanya oleh Allah Subḥanahu wa Ta’āla.1 Diantara hal yang akan dimintai pertanggung jawaban adalah tentang peran apa yang telah dilakukan seorang ayah dalam memberikan pendidikan terhadap anaknya. Peran ayah adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh ayah dalam menjalankan perannya didalam keluarga sebagai seseorang yang bertugas memberikan Pendidikan yang baik bagi anak-anaknya.Ayah adalah pencari nafkah utama dalam keluarga. Peluh yang mengaliri tubuhnya menjadi garansi sepiring nasi legam di bahunya berbuah seragam sekolah bagi anaknya. Luka di telapak kakinya berganti uang belanja bagi istrinya. Semua tenaga dia kerahkan untuk kebutuhan keluargannya. Bisa menjamin keberlangsungan hidup rumah tangga merupakan sumber bahagia bagi seorang ayah.Dalam segala keadaan seorang ayah yang beriman harus selalu mengusahakan rezeki halal bagi keluargannya. Meskipun datang kepadanya saat yang sulit, sehingga mencari rezeki yang halal menjadi berat, dia tetap harus mengusahakan jalan halal. Tidak ada peluang sedikit pun untuk menghalalkan yang haram karena rezeki akan menjadi bahan pertanyaan di akhirat. Seseorang akan di tanya tentang rezekinya, darimana dia dapatkan dan bagaimana dia membelanjakannya.

References

Adan Hasan Shalij Baharits, Tanggung Jawab Ayah Terhadap Anak Laki-Laki, Jakarta: Gema Insani Press, 1996
Asikin Nor, Hamdan HM, dll, Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur‟an, Banjarmasin, IAIN Antasari Press, 2013
Maharani, O. P., & Andayani, B. Hubungan antara dukungan sosial ayah dengan penyesuaian sosial pada remaja laki-laki.Jurnal Psikologi, 2003
Martha Nina K, Mendisiplin Anak Secara Bersahabat dan Tegas, Yogyakarta: G-Media, 2013
Miko Sechona, Ayah Pintar, Ayah Idaman, Jogjakarta: Flass Books, 2014
Saiful Falah, Parents Power Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan Keluarga, Jakarta : Republika, 2014
Sri Harini dan Aba Firdaus al- Halwani, Mendidik Anak Sejak Dini, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2003
Umar Hasyim, Anak Saleh, Surabaya : PT. Bina Ilmu, 2007
Published
2019-12-11
How to Cite
NURSYAMSI, Nursyamsi; YANTI, Novia. Peranan Ayah dalam Pendidikan Anak. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 2, dec. 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/27>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.27.