Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme untuk Sekolah Dasar

  • Imratul Handayani STAI Imam Bonjol Padang Panjang

Abstract

Perangkat pembelajaran dipakai di sekolah-sekolah seperti RPP dan LKS pada umumnya belum optimal untuk membantu siswa dalam membangun pemahamannya. Maka perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Pembelajaran berbasis konstruktivisme yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif.
Pengembangan ini menggunakan model Mc Kenney yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary, prototyping dan assesment. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Kefektifan dilihat dari hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran juga telah efektif dari segi aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, aktivitas siswa meningkat selama pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme untuk pembelajaran matematika di kelas V yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

References

Akhras, Fabio N and John A. Self. 2000. System Intelligence in Construktivist Learning. International Journal of Artificial Intelligence in Education, (Online), (http://www.iaied.org/pub/950/file/950_paper.pdf, diakses 22 September 2013)
Depdiknas. 2007. Peraturan Mentri pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Sardiman M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common TextBook). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Published
2019-12-11
How to Cite
HANDAYANI, Imratul. Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme untuk Sekolah Dasar. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 2, dec. 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/29>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.29.