PERKEMBANGAN AKTIVITAS DAKWAH DARI MASA KE MASA

  • Hendra Mustafa STAI Imam Bonjol Padang Panjang

Abstract

Dakwah merupakan aktifitas kegiatan dakwah yang telah dilakukan sebelum Nabi Muhammad SAWsebelum Islam disebarkan dipermukaan bumi. Dakwah telah dimulai dari para nabi terdahulu. Setelah Nabi Muhammad SAW diangkat sebagai rasul, dakwah mulai berjalan yang dimulai dari periode mekah sampai periode Madinah. Pada periode mekah, dakwah dilakukan masih sebatas pada kalangan sahabat, keluarga dari Nabi Muhammad SAW, namun pada masa peride madinah, mulailah islam disebarkan kepada seluruh umat. Pada masa ini tekanan dari orang kafir terjadi silih berganti kepada nabi, sahabat dan umat Islam, namun Islam berkembang dan jaya pada akhir kehidupan rasulullah.Setalah rasulullah wafat, kegiatan dakwah terus berjalan yang dilanjutkan oleh kalangan sahabat nabi yakni Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khatab, Usman bin Afan dan Ali bin Abu Thalib. Pada periode ini kegiatan dakwah terus menerus dilakukan kepada umat Islam. Ketika berakhirnya periode sahabat, kegiatan dakwah dilanjutkan oleh Daulah Umaiyah serta Daulah Abasyiyah. Pada masa ini, agama Islam berkembang pesat di seluruh dunia.

References

Abu al-Fatah al-Bayanuni, Muhammad, Al-madkhal ila Ilm al-Da’wah, Muassasah ar-Risalah, Beirut.
Hasjmy, A, (1994), Dustur Dakwah menurut Al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang.
-------------- (1994), Di Mana Letaknya Negara Islam, Jakarta; PT. Bulan Bintang.
Ibrahim Hasan, Hasan, sebagaimana dikutip oleh Abdul Munir Mulkhan, (1996), Ideologisasi Gerakan Dakwah: Episode Kehidupan M. Natsir & Azhar Basyir, Yogyakarta, Sipress.
Munir Mulkhan, Abdul, (1996), Ideologisasi Gerakan Dakwah: Episode Kehidupan M. Natsir & Azhar Basyir, Yogyakarta, Sipress.
Ridha, Muhammad, sebagaimana dikutip oleh, Abdul Munir Mulkhan, (1996), Ideologisasi Gerakan Dakwah: Episode Kehidupan M. Natsir & Azhar Basyir, Yogyakarta, Sipress.
Said, Amin, sebagaimana dikutip oleh A. Hasjmy, (1994), Dustur Dakwah menurut Al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang.
Syalabi Ahmad , dalam A. Hasjmy, (1994), Dustur Dakwah menurut Al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang.
Published
2019-12-11
How to Cite
MUSTAFA, Hendra. PERKEMBANGAN AKTIVITAS DAKWAH DARI MASA KE MASA. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 9, n. 2, dec. 2019. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/30>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.30.