KONTINIUTAS PENDIDIKAN PEREMPUAN PADA MASA RASULULLAH SAW SAMPAI MASA GLOBALISASI DALAM PERSFEKTIF HADIS

  • Mafriyanti Mafriyanti STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • M.Isnando Tamrin IAIN Bukittinggi
  • Hidra Ariza IAIN Bukittinggi

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat urgen bagi
perempuan, kesempatan-kesempatan yang dimki perempuan untuk
belajar akan mempengaruhi kepada keberlangsungan kehidupan
setelah menjalani pendidikan, didalam mewujudkan semua
keinginan tersebut seprang perempuan tentunya harus mempunya
acuan yang jelas agar tetap berada dalam kodratnya sebagai
perempuan, perempuan dalam kehidupan sehari-hari akan
mempunyai tangguang jawab yang berat dalam kehidupan di dalam
keluarganya, untuk menjadkan keluarga itu baik dalam
melaksanakan ibadah kepada Allah SWT, maka akan membutuhkan
pengetahuan agar pelaksanaan ibadah itu berjalan sesuai dengan
syariat Islam. Dalam perkembangan zaman, sekang ini perempuan
menuntut memperoleh kesempatan yang luas bahkan sama dengan
kaum laki-laki. Ketika disaksikan jumlah perempuan rata-rata lebih
banyak dari pada laki-laki. Kesempatan memperoleh pendidikan
seharusnya membawa dampak positif dalam kehidupan kaum
perempuan dan tidak lepas dari kodratnya sebagai perempuan.

References

NofriAndy,“Analisis Terhadap Hadis-Hadis Pemberdayaan
Perempuan”,HUMANISMA: JournalofGenderStudies, Vol. 2,
No. 2,20
Huzaemah Tahido Yanggo, Fikih Perempuan Kontemporer,
cet.ke-1 (Bogor : Ghalia Indonesia,2010) Musnadal-Syihabal-
Qudha‟iy,dalamMaktabahSamilahbabal-JannahtahtaAqdamal
Ummah,Juz1.
Syeh Isma‟il bin Muhammad AlIjluniy AlJarahiy (1162H).
Kasyful Khofa‟Juz,1 Al-Maktabahal Syamela.
MuhammadAnisQasimJa‟far,Al-Huquqal-Siyasuyyahlial
Mar‟ahfial-Islamwaal-Fikrwaal-Tasyri‟al-Mu‟asir,diterj.
IkhwanFauzi,PerempuandanKekuasaan,Menelusuri Hak Politik
dan persoalan Gender dalam Islam, (Cet.II;Jakarta:Sinar
Grafika,2008).
Umaymah Manha, al-Mar‟ahwa al-Wazifahal -„Ammah,
disertasi di fakultas Hukum, Universitas Kairo, 1983. Shahih
Muslim dalam Maktabah Syamilah, Bab Karahat Tafdhil
ba‟dha Auladfiyal-Hibah, Juz.8
Nizar Samsul, Zainal Efendi Hasibuan, Hadis tarbawi
membangun kerangka Pendidikan Ideal Persfektif Rasulullah ,
Cet, II; Jakarta : Kalam Mulia, 1433 H/2011 M.
Munir Muhammad, Mursi, Al-Tarbiyyt al-Islamiyat, Ushuliha
wa Thathuwuriha fi al-Bilad al-Arabiyat, Kairo:‟Alim al-
Kutub, 1982.
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan
Praktis , 2020 Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta
: Bumi Aksara
Zakiah Daradjat, Ilmu pendidikan Islam (Jakarta: Bumi
Aksara,1996 NofriAndy,“Analisis TerhadapHadis-Hadis
PemberdayaanPerempuan”,HUMANISMA:JournalofGenderS
tudies, Vol. 2, No. 2,2018
Huzaemah Tahido Yanggo, Fikih Perempuan Kontemporer,
cet.ke-1 (Bogor : Ghalia Indonesia,2010),Musnadal-Syihabal-
Qudha‟iy,dalamMaktabahSamilahbabal-JannahtahtaAqdamal
Ummah,Juz1.
Syeh Isma‟il bin Muhammad AlIjluniy AlJarahiy (1162H).
Kasyful Khofa‟Juz,1 Al-Maktabahal Syamela Muhammad Anis
Qasim Ja‟far, Al-Huquqal-Siyasuyyahlial-Mar‟ahfial
Islamwaal-Fikrwaal-Tasyri‟al-Mu‟asir,diterj.
Ikhwan Fauzi,Perempuan dan Kekuasaan, Menelusuri Hak
Politik dan persoalan Gender dalam Islam, (Cet.II;Jakarta:Sinar
Grafika,2008).
Umaymah Manha, al-Mar‟ahwa al-Wazifahal -„Ammah,
disertasi di fakultas Hukum, Universitas Kairo, 1983. Shahih
Muslim dalam Maktabah Syamilah, Bab Karahat Tafdhil
ba‟dha Auladfiyal-Hibah, Juz.8
Published
2022-02-10
How to Cite
MAFRIYANTI, Mafriyanti; TAMRIN, M.Isnando; ARIZA, Hidra. KONTINIUTAS PENDIDIKAN PEREMPUAN PADA MASA RASULULLAH SAW SAMPAI MASA GLOBALISASI DALAM PERSFEKTIF HADIS. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/56>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.56.