MANFAAT PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PASAMAN
Abstract
dikeluarkannya Perda Tahfidz oleh pemda Kabupaten
Pasaman menjadi acuan dalam penelitian ini. Membaca al-
Quran dengan baik dan benar bagi anak-anak menjadi pondasi
yag baik dalam dikeluarkannya uu Tahfidz. Penulis tertarik
untuk mengetahui lebih dalam manfaat Tahfidz bagi peserta
didik Sekolah Dasar di Pasaman.Penelitian ini bersifat
penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian
kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber
data menggunakan teknik pengambilan sampel snowball
sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis
dengan menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, diketahui bahwa,
manfaat pembelajaran tahfidz terhadap prestasi belajar
peserta didik di Pasaman sangat bermanfaat karena dengan
adanya pembelajaran tahfidz peserta didik merasakan adanya
perubahan dari sebelumnya kurang memperhatikan bacaan,
sekarang mereka lebih mengetahui lagi tata cara dan etika
dalam membaca dan menghafal ayat-ayat al-Quran, manfaat
lain yang ditemukan dalam pembelajaran tahfidz yaitu
pembentukan karakter peserta didik lebih kuat, orang yang
berkarakter bisa membagi waktu mereka, bagi peserta didik yang bersungguh-sungguh dalam pembelajaran tahfidz, bagi
laki-laki mereka sering disuruh untuk azan, dan di pelajaran
PAI nilai mereka tinggi-tinggi baik itu dalam hafalan ayat
maupun praktek-praktek ibadah seperti sholat