MANFAAT PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PASAMAN

  • Syafrizal SF STAI YDI Lubuk Sikaping
  • Yuslinar Yuslinar STAI YDI Lubuk Sikaping

Abstract

dikeluarkannya Perda Tahfidz oleh pemda Kabupaten
Pasaman menjadi acuan dalam penelitian ini. Membaca al-
Quran dengan baik dan benar bagi anak-anak menjadi pondasi
yag baik dalam dikeluarkannya uu Tahfidz. Penulis tertarik
untuk mengetahui lebih dalam manfaat Tahfidz bagi peserta
didik Sekolah Dasar di Pasaman.Penelitian ini bersifat
penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian
kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber
data menggunakan teknik pengambilan sampel snowball
sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis
dengan menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, diketahui bahwa,
manfaat pembelajaran tahfidz terhadap prestasi belajar
peserta didik di Pasaman sangat bermanfaat karena dengan
adanya pembelajaran tahfidz peserta didik merasakan adanya
perubahan dari sebelumnya kurang memperhatikan bacaan,
sekarang mereka lebih mengetahui lagi tata cara dan etika
dalam membaca dan menghafal ayat-ayat al-Quran, manfaat
lain yang ditemukan dalam pembelajaran tahfidz yaitu
pembentukan karakter peserta didik lebih kuat, orang yang
berkarakter bisa membagi waktu mereka, bagi peserta didik yang bersungguh-sungguh dalam pembelajaran tahfidz, bagi
laki-laki mereka sering disuruh untuk azan, dan di pelajaran
PAI nilai mereka tinggi-tinggi baik itu dalam hafalan ayat
maupun praktek-praktek ibadah seperti sholat

References

Agama Kementrian (2015), Membumikan Peradaban Tahfiz
al-Quran, Jakarta Timur: Balai penelitian dan
Pengembangan Agama
Bafirman (2016), Pembentukan Karakter Siswa, Jakarta:
Kencana Balai Penelitian dan Pengembangan Agama
Ahmad Susanto, (2013),Teori Belajar &
Pembelajaran,Jakarta:Prenadamedia
Amni Rifqi, (2015), Pengembangan Pendidikan
Islam,Yogyakarta: Pelangi Aksara
Bahrul Alami Herry, (2014), Agar Orang Sibuk Bisa
Menghafal Al-Quran,Solo: PQS Publising
Burhan Bungin, Anallisa Data Penelitian Kualitatif, Jakarta ,
Raja Grafindo Persida
Eny Nilawati,(2017),Tahfiz Al-Quran dan Tadabbur, Sidoarjo:
Nizami Learning Center
Muhammad Faturrahman,(2017), Islam Kajian Telaah Tafsir
Al-Quran, Yogyakarta:
Garudawacha
Ghony M.Djunaidi & Almanshur Fauzan (2016), Metodologi
Penelitian Kualitatif,
Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Hidayat Arif, (2013) Panduan Cepat Membaca Al-Quran,
Jakarta: Pustaka Makmur
https://
Ahmadbinhanbal.Wordpress.com/2013/07/31/pengarus-
menghafal-al-quran-
terhadap-prestasi-belajar/
https:// ariefbahtiar12. Wordpress. Com/2014/12/16/fashahah-
dan-balaghah,
https://
Ahmadbinhanbal.Wordpress.com/2013/07/31/pengarus-
menghafal-al-quran-
terhadap-prestasi-belajar/
http://www.pembelajaranku.com/2017/11/pengertian-dan-
fungsi-penilaian-hasil.html
diunduh pada hari Senin 18 Maret 2019. Pukul 14.30
WIB
Kementrian Agama(2015), Membumikan Peradaban Tahfiz Al-
Qur’an, Jakarta Timur: Balai Penelitian Dan
Pengembangan Agama
Lexy J. Moleong., (2005), Metode Penelitian Kualitatif,
Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhammad Ahmad Abdullah, (2009), Metode Cepat Dan
Efektif Menghafal Al-Quran Al-Karim, Jogjakarta:
Garailmu
Mukhyaruddin, (2013),Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-
Quran, Jakarta:Mizan Publika
Raisya Maula Ibnu Rusyd, (2019), Panduan Praktis &
Lengkap Tahsin Tajwid Tahfizh, Yogyakarta:Laksana
RulamAhmadi,(2016),Metodologi Penelitian Kualitatif,
Yogyakarta;AR-RUZZ MEDIA
Sagala Syaiful,(2007), Konsep Dan Makna Pembelajaran,
Bandung: Alfabeta
Sa’Dulloh (2005), 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran
,Sumedang
Saifuddin, (2018), Pengelolaan Pembelajran Teoritis dan
Praktis, Yogyakarta: CV.Budi Utama
Suardi. Moh, (2012), Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta :
Budi Utama
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R & D,
Bandung: Elfabeta
Surat edaran , Bupati Pasaman, Nomor : 420 / 060 / SE /
KESRA-2017
Suwartono, (2014), Dasar-Dasar Metodologi Penelitian,
Yogyakarta;CV. ANDI OFFSET
Yusuf Qardhawi ,(1999), Berinteraksi Dengan Al-Qur’an,
Jakarta : Gema
Insani Press
Published
2022-02-10
How to Cite
SF, Syafrizal; YUSLINAR, Yuslinar. MANFAAT PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI PASAMAN. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2022. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/62>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.62.