Peranan Kreativitas Siswa di Era Industri 4.0 dan Society 5.0

  • Srimutia Elpalina Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni.S Neviyarni.S Universitas Negeri Padang

Abstract

Pentingnya peran kreativitas anak usia dini dalam konteks era Industri 4.0 dan Society 5.0 menjadi fokus utama penelitian ini. Era ini menuntut adanya pemanfaatan teknologi canggih dan harmonisasi antara perkembangan teknologi dan nilai-nilai sosial. Kreativitas anak usia dini diidentifikasi sebagai landasan inovasi dan pemecahan masalah, khususnya dalam menghadapi perubahan cepat dan kompleksitas. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang bagaimana kreativitas anak usia dini dapat ditanamkan dan diperkuat menjadi esensial dalam merancang pendekatan pendidikan yang relevan dan efektif. Penelitian ini merupakan tinjauan literatur yang menyelidiki perkembangan kreativitas anak usia dini dalam konteks era Industri 4.0 dan Society 5.0. Fokusnya mencakup perspektif pendidikan anak usia dini, implementasi teknologi dalam pembelajaran kreatif, dan keterkaitan antara kreativitas dengan nilai-nilai sosial. Tinjauan literatur ini mencermati temuan-temuan empiris, tren, dan konsep-konsep kunci dalam pengembangan kreativitas anak usia dini. Hasil dan pembahasan menguraikan konsep kreativitas, karakteristik individu kreatif, tahap-tahap berkembangnya kreativitas, perkembangan teknologi era Industri 4.0, konsep Masyarakat 5.0, perubahan paradigma pendidikan abad ke-21, serta upaya guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik. Peran teknologi dan konsep Masyarakat 5.0 diakui sebagai pengaruh signifikan terhadap kreativitas anak usia dini. Simpulan penelitian menegaskan pentingnya kreativitas dalam proses pembelajaran anak usia dini, terutama dalam menghadapi tuntutan masa depan. Guru diakui memiliki peran utama dalam membentuk kreativitas peserta didik melalui pendekatan pembelajaran yang aktif dan kolaboratif. Pemahaman terhadap paradigma pendidikan abad ke-21 menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kreativitas. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan mendalam dan panduan praktis bagi pendidik, orang tua, dan pemangku kepentingan dalam mendukung kreativitas anak usia dini di era yang dinamis ini

References

’Alam, G. F., Imron, A., Supriyanto, A., & Mustiningsih, M. (2023). Paradigma Pendidikan Era Learning Societty 5.0: Model STEAM sebagai Internasional Best Practice dalam Smart Education. Peran Manajemen Pendidikan Untuk Menyiapkan Sekolah Unggul Era Learning Society 5.0, 71–81.
Mardianto. (2016). Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Munandar, U. (2004). Pembangunan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Petrus, W., Nainggolan, D. S. A., & Tafonao, T. (2022). Peran Guru Profesional dalam Memajukan Pendidikan di Era Industri 4.0. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 75–87.
Sugiarti, S., & Hidayat, S. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif BJ. Habibie dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. SUHUF, 34(1), 18–35.
Syahri, L. M., & Ifdil, I. (2019). Menumbuhkembangkan Kreativitas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.
Published
2023-12-31
How to Cite
ELPALINA, Srimutia; NEVIYARNI.S, Neviyarni.S. Peranan Kreativitas Siswa di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Sibirantulang : Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 8-14, dec. 2023. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/sibirantulang/article/view/164>. Date accessed: 28 apr. 2024.