PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Misbah Misbah laila STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
  • ambiyar ambiyar Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya Pendidikan agama Islam terhadap perkembangan anak usia dini. Masa kanak-kanak merupakan masa yang baik dan kondusif untuk menerapkan dan menanamkan Pendidikan agama islam untuk bekal kehidupannya dimasa mendatang. Pendidikan Agama Islam pada anak-anak di Taman Kanak-Kanak (TK) memegang peran penting dalam membentuk landasan moral, nilai-nilai keagamaan, serta perkembangan karakter mereka sejak usia dini. Artikel ini membahas tentang penerapan pendidikan agama Islam di TK, fokus pada aspek penting dalam memahami bagaimana pengajaran agama Islam diterapkan pada anak usia dini. Pentingnya pendidikan agama Islam pada usia dini adalah untuk membentuk fondasi yang kuat dalam pemahaman nilai-nilai agama, etika, moral, dan spiritualitas yang akan membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Dengan penerapan yang tepat, pendidikan agama Islam di TK dapat memberikan kontribusi besar dalam membentuk karakter anak-anak yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman yang kokoh terhadap ajaran agama Islam. Maka dari itu Pendidikan agama Islam sudah harus diterapkan pada taman kanak-kanak.  Pada penelitian ini penulis ingin menganalisis penerapan Pendidikan agama islam di RA Baitur Rahman

References

Adityasari. (2009). Keberhasilan Pendidikan. Gava Media.
Ardi, N. W. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Orangtua dan Pendidik Paud dalsm Memahami dan Mendidik Anak Usia Dini. Gava Media.
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.
Djamarah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Rineka Cipta.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2023-12-30
How to Cite
MISBAH LAILA, Misbah; AMBIYAR, ambiyar. PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Sibirantulang : Pendidikan Anak Usia Dini, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 15-19, dec. 2023. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/sibirantulang/article/view/182>. Date accessed: 28 apr. 2024.