Strategi dan Simulasi Akreditasi Unggul Melalui Lamsama dan di Program Studi Matematika, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

  • Muchammad Abrori Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Miftahur Rofi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Departemen Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mendapatkan Akreditasi Lamsama dengan nilai Unggul memerlukan optimalisasi nilai-nilai setiap komponen kriteria. Nilai kriteria tertinggi Luaran dan Capaian Tridarma (A_9) adalah 160. Oleh karena itu, nilai A_9 ini harus dioptimalkan, nilai terendah diusahakan adalah 156.  Nilai kriteria kedua tertinggi adalah kriteria Pendidikan (A_6). Oleh karena itu, nilai A_6 ini harus dioptimalkan, nilai terendah diusahakan adalah 84. Nilai kriteria ketiga tertinggi adalah Sumber Daya Manusia (A_4). Oleh karena itu, nilai A_4 ini harus dioptimalkan, nilai terendah diusahakan adalah 32. Nilai kriteria yang lain harus dimaksimalkan, supaya nilai minimal 361. Selain itu ada empat syarat Unggul, yaitu: (1) Penjaminan Mutu, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja sama; (2) Sumber Daya Manusia; (3) Sarana Peralatan Utama Laboratorium; (4) Luaran Penelitian, yang masingmasing nilainya ≥3,5.

References

Kurikulum, 2020, Kurikulum Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://matematika.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/61_20210506_1.%20Buku%20Kurikulum%202020%20Matematika3%20(1).pdf
Lamsama, 2022, Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal, https://lamsama.or.id/.
LED, 2020, Laporan Evaluasi Diri Prodi Matematika, http://informatikamagister.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/652_20211122_LED%20Informatika%20Compile-10%20Feb%202021.pdf
Published
2024-02-01
How to Cite
ABRORI, Muchammad; ROFI, Miftahur. Strategi dan Simulasi Akreditasi Unggul Melalui Lamsama dan di Program Studi Matematika, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 257-272, feb. 2024. ISSN 2654-5055. Available at: <https://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/184>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.184.