KINERJA KEPALA SEKOLAH PADA TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN SAAT INI

  • MARFIYANTI MARFIYANTI STIT Syekhburhanuddin Pariaman

Abstract

Kinerja kepala sekolah untuk saat sekarang ini sangatlah berat dan penuh tantangan, ini terlihat dari perubahan undang-undang, dan juga perubahan kurikulum yang selalu berganti, hal ini dalam merealisasikannya disekolah terkadang akan mendapat hambatan ketika tidak ditangani secara bijak sana dan ilmu yang tepat sasaran. Dilihat dilapangan kepala sekolah sering menjadi bulanan-bulanan masyarakat dan guru disekolah kerena tidak menjlankan tugas dengan baik dan benar, bahkan ada juga yang jalan sendiri-sendiri, kalau ini yang terjadi tentunya akan berdampak kepada hasil belajar siswa, tidak ada kerjasama dan saling menhgingatkan. Perubahan terbaru harus tentang kebijakan, mengenai guru sertifikasi, local dikurangi, sementara yang srtifikasi bertambah, otomatis akan menimbulkan konflik di sekolah. Pesertadidik harus menanggung akibatnya, seperti : sedah menemukan tempat yang nyaman, tiba-tiba harus pindah local, dan harus menyesuaikan diri kembali. Dengan adanya memahami kinerja kepala sekolah dan tugas-tugas yang wajib dilaksanakan, diharapkan bisa meminimalkan masalah-masalah disekolah, baik dengan pihak dinas tidak bermasalah, dengan guru kompak, dan peserta didik belajar dengan bersemangat serta kelulusan peserta didik memuaskan dan diterima diperguruan tinggi yang diinginka oleh peserta didik, baik diskala nasional maupun internasional.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusaha, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002)
Prawirosentono, Kebijakan Kinerja Karyawan, (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 1999), Cetakan Pertama,
E. Mulyasa, Menjadi Kepala madrasah Profesional, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)
Departemen Agama RI, Al qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: CV J-ART, 2005)
Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)
Daryanto, M., Administrasi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1996)
E. Mulyasa, Menjadi Kapala Madrasah Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)
E. Mulyasa, Manajemendan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998)
Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetisi Guru, (Yogyakarta: Arruz Media, 2013)
Misbah Ulmunir, Supervisi Pendidikan (suplemen I), (UIN Sunan Kalijaga: 2006)
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Supervisi, Buku Pegangan Kuliah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Pit A. Sahertian, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Hendiyat Soetopo dan Wasti Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, (Malang: Bina Aksara, 1984)
M. Moh. Rifa’I, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: Jemmars, 1986)
Hendiyat Soetopo & Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Bina Aksara, 1988)
Piet A. Sahertian & Frans Mataheru, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan, (Surabaya: Usaha nasional, 1982)
Lantip Diat Prasojo & Sudiyono, Supervisi Pendidikan,
Hendiat Soetopo & Wasti Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan
Sri Banun Muslim, Supervisi Pendidikan…,
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2008)
Soekarto indrafachrudi, Kepemimpinan Pendidikan, (Surabaya: Usaha Offset Printing)
Published
2018-12-11
How to Cite
MARFIYANTI, MARFIYANTI. KINERJA KEPALA SEKOLAH PADA TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN SAAT INI. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 205 - 227, dec. 2018. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/11>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mauizhah.v8i2.11.