Efektivitas Media “Whats App Group ” untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTs Negeri 4 Tegal Tahun 2023

  • Tasrip Tasrip Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tegal

Abstract

Tujuan khususnya memberikan perlakuan akan media Whats App Group di kelas dalam proses pembelajaran. Serta mengetahui berhasil atau tidaknya media WhatsApp Group untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa MTs Negeri 4 Tegal . Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret hingga bulan Juli  2023 di MTs Negeri 4 Tegal. Uji menggunakan metode eksperimen yang digunakan adalah  True Eksperimental Design atau (eksperimen murni), dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai pembanding.  True Eksperimen Design sendiri terdapat dua jenis, yaitu Posttest-Only Control Design dan Pretest-Posttest Control Grup Design. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Pretest-Posttest Control Grup Design atau desain eksperimen pretest dan posttest dengan dua kelompok. Dari indikator minat belajar dengan menggunakan media “Whats App Group” pada kelas eksperimen bahwa perasaan senang belajar menggunakan media “WhatsApp” sebesar 90%, siswa menunjukkan adanya perhatian saat belajar sebesar 97%, siswa memiliki kemauan untuk belajar 88%, siswa aktif dalam mengikuti palajaran sebanyak 92%. Serta rasa ingin tahu siswa pada materi belajar menjadi 96%. Pada indikator kreativitas siswa hasil analisis menunjukkan bahwa kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan media  Whats App Group. Siswa MTs Negeri 4 Tegal kelas IX A terdiri dari 32 orang siswa memiliki ide, konsep baru dan menghasilkan sesuatu yang baru. Sebanyak 97% dan 100%. Dari perhitungan data angket yang dikumpulkan siswa berpendapat perlu adanya sesuatu yang baru untuk memudahkan konsumen serta siswa dalam mengetahui jajanan tradisional Tegal. Siswa pada kelas eksperimen yang memiliki ide baru dengan memunculkan adanya WhatsApp Group Baru dari ide media  WhatsApp.


 

References

Alessi, S.M, & Trollip, S.R. 2001. Multimedia for Learning: Methods and Development. London: Allyn & Bacon
Azhar, R. (2021). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta
Beni Pekei, (2016). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Di Era Otonomi. Buku I, Jakarta Pusat : Taushia
Borg, W.R, & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.
Munir.(2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta. Pustaka Ilmu.
Pohan Albert Efendi, (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Konsep Ilmiah. Purwodadi. CV. Sarnu Untung.
Prawiradilaga, D.S. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rahadhitya, R., & Darsono, D. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Audit Internal (Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Cet. 4. Raja Grafindo Permai.
Sanaky, Hujair AH. (2015). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania
Stanislaus S Uyanto. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2023-10-06
How to Cite
TASRIP, Tasrip. Efektivitas Media “Whats App Group ” untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTs Negeri 4 Tegal Tahun 2023. Mau`izhah : Jurnal Kajian Keislaman, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-9, oct. 2023. ISSN 2654-5055. Available at: <http://ojs.stit-syekhburhanuddin.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/119>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.55936/mau`izhah.v13i2.119.